 MENGETIK
MENGETIK
1O JARI
 EDISI III - 2005
EDISI III - 2005
MATA DIKLAT : KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
PROGRAM KEAHLIAN
:
SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT
JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
2005
KETERAMPILAN MENGETIK 10
JARI
EDISI III- 2005
 DAFTAR
ISI
                                          DAFTAR
ISI
DAFTAR ISI
 ...........................................................................................        3
1      PENDAHULUAN ............................................................................        5
| 
1.1 | 
Deskripsi .................................................................................. | 
5 | 
| 
1.2 | 
Prasyarat ................................................................................. | 
6 | 
| 
1.3 | 
Petunjuk Penggunaan Modul ................................................... | 
6 | 
| 
1.4 | 
Tujuan Akhir ............................................................................. | 
7 | 
| 
1.5 | 
Cek Kemampuan ..................................................................... | 
8 | 
|  | 
1.5.1  Soal Teori  ..................................................................... | 
8 | 
|  | 
1.5.2  Soal Praktek  ................................................................. | 
9 | 
2      KEGIATAN BELAJAR  1  ................................................................      10
| 
2.1 | 
Tujuan ..................................................................................... | 
10 | 
| 
2.2 | 
Organisasi Komputer
   ............................................................. | 
10 | 
| 
2.3 | 
Keyboard  ............................................................................... | 
12 | 
| 
2.4 | 
Struktur tombol pada keyboard  .............................................. | 
14 | 
| 
2.5 | 
Rangkuman kegiatan belajar 1  .............................................. | 
17 | 
| 
2.6 | 
Tugas kegiatan belajar 1 ......................................................... | 
18 | 
| 
2.7 | 
Tes formatif kegiatan belajar 1 ................................................ | 
18 | 
3      KEGIATAN BELAJAR  2  ...............................................................      19
| 
3.1 | 
Tujuan ..................................................................................... | 
19 | |
| 
3.2 | 
Langkah awal
  pemelajaran ..................................................... | 
19 | |
| 
3.3 | 
Tips menggunakan keyboard  ................................................. | 
20 | |
| 
3.4 | 
Posisi tangan pada keyboard .................................................. | 
22 | |
|  | 
3.4.1  Posisi pertama  ............................................................. | 
22 | |
|  | 
3.4.2  Posisi kedua  ................................................................. | 
24 | |
| 
3.5 | 
Latihan Dasar        ................................................................... | 
26 | |
| 
3.5.1 | 
Latihan penguasaan tombol pangkal ............................ | 
26 | |
| 
3.5.2 | 
Latihan penguasaan tombol g ....................................... | 
27 | |
| 
3.5.3 | 
Latihan penguasaan tombol h ....................................... | 
27 | |
| 
3.5.4 | 
Latihan penguasaan tombol e ....................................... | 
27 | |
| 
3.5.5 | 
Latihan penguasaan tombol i ........................................ | 
28 | |
| 
3.5.6 | 
Latihan penguasaan tombol r
  ........................................ | 
28 | |
| 
3.5.7 | 
Latihan penguasaan tombol u ....................................... | 
28 | |
| 
3.5.8 | 
Latihan penguasaan tombol m ...................................... | 
29 | |
| 
3.5.9 | 
Latihan penguasaan tombol v ....................................... | 
29 | |
| 
3.5.10 | 
Latihan penguasaan tombol n ..................................... | 
29 | |
| 
3.5.11 | 
Latihan penguasaan tombol b ..................................... | 
29 | |
| 
3.5.12 | 
Latihan penguasaan tombol c ..................................... | 
30 | |
| 
3.5.13 | 
Latihan penguasaan tombol koma .............................. | 
30 | |
| 
3.5.14 | 
Latihan penguasaan tombol t ...................................... | 
30 | |
| 
3.5.15 | 
Latihan penguasaan tombol y ..................................... | 
31 | |
| 
3.5.16 | 
Latihan penguasaan tombol o ..................................... | 
31 | |
| 
3.5.17 | 
Latihan penguasaan tombol w .................................... | 
31 | |
| 
3.5.18 | 
Latihan penguasaan tombol titik
  ................................. | 
31 | |
| 
3.5.19 | 
Latihan penguasaan tombol
  shift kiri dan kanan .......... | 
32 | |
| 
3.5.20 | 
Latihan penguasaan tombol p ..................................... | 
32 | |
| 
3.5.21 | 
Latihan penguasaan tombol x ..................................... | 
32 | |
| 
3.5.22 | 
Latihan penguasaan tombol q ..................................... | 
33 | |
| 
3.5.23 | 
Latihan penguasaan tombol z ..................................... | 
33 | |
| 
3.5.24 | 
Latihan penguasaan angka
  - angka ............................ | 
33 | |
| 
3.5.25 | 
Latihan penguasaan tanda – tanda baca .................... | 
34 | |
| 
3.5.26 | 
Latihan mengetik cepat
  ............................................... | 
35 | |
| 
3.6 | 
Tugas kegiatan belajar  2 ........................................................ | 
35 | |
| 
3.7 | 
Tes formatif kegiatan belajar 2 ................................................ | 
35 | |
DAFTAR PUSTAKA
 ...............................................................................      36
 1.
PENDAHULUAN
1.
PENDAHULUAN| 
1.1 | 
Deskripsi |  | 
|  | 
Nama Modul            : | 
Keterampilan mengetik 10 jari | 
|  | 
Kode Kompetensi   : Ruang lingkup isi     : | 
TIK.OP01.001.01 
•   Dasar – dasar keyboard | 
o Pengertian dan
pengenalan
Keyboard
o Pemasangan Keyboard
o Fungsi dan penggunaan keyboard
•   Mengetik 10 jari
Kaitan Modul           :    Modul ini digunakan sebagai modul awal untuk mata diklat KKPI sebelum
melanjutkan ke modul berikutnya.
Hasil yang
diharapkan
:     Setelah mempelajari modul ini, peserta
didik diharapkan mampu:
a.  menggunakan keyboard;
b.  mengetik 10 jari dengan menggunakan keyboard.
Manfaat di
Industri
:     Setelah mempelajari modul ini, peserta
didik diharapkan untuk dapat:
a.  berintegrasi dengan teknologi yang telah diterapkan di industri dengan mudah;
b.  melaksanakan jenis-jenis pekerjaan
yang dibutuhkan di industri;
c.  mengembangkan kemampuan diri secara
mandiri untuk mengikuti perkembangan teknologi dan
informasi yang semakin pesat;
d.  mengetik 10 jari dengan cepat, tepat dan efisien.
1.2     Prasyarat
Untuk  mempelajari  modul  ini
 tidak
 ada
 unit
 kompetensi
 dan pengetahuan yang harus dikuasai
sebelumnya.
1.3     Petunjuk Penggunaan Modul
Untuk peserta
didik
1.  a)  Bacalah modul dengan seksama, terutama bagian instruksi. b)  Pahami  tujuan  anda
 mempelajari  modul,  sasaran  yang
diharapkan,
 tingkat
 penguasaan
 yang
 diharapkan
 serta
waktu yang ditargetkan.
c) 
Kerjakanlah tugas dan latihan yang terdapat di dalamnya dengan jujur tanpa melihat kunci jawaban
sebelum anda mengerjakannya.
d)  Gunakan teknik membaca cepat dalam mempelajari modul. e)  Laporkan kemajuan anda kepada guru / instruktur sebelum
anda
melanjutkan ke modul selanjutnya.
2. Anda diperbolehkan bertanya
kepada guru / instruktur jika dianggap perlu.
3. 
Usahakan menyelesaikan setiap modul lebih cepat dari waktu yang ditetapkan
4. Jika
ada bagian yang belum anda pahami,
cobalah terlebih dahulu                  mendiskusikan     dengan     teman   
 yang   
 sedang
mengerjakan bagian yang sama, sebelum
anda bertanya pada guru / instruktur. Kalau perlu, anda harus berusaha
mencari tahu jawabannya pada sumber yang lain.
5.  Tingkat pemahaman minimal yang diharapkan sebesar 70%, jika tingkat penguasaan anda kurang dari 70%, pelajari materi / bagian – bagian dari modul yang belum
anda kuasai, atau mintalah
remediasi dan saran – saran dari guru / instruktur. Ikuti ketentuan
yang berlaku dalam setiap modul
sebelum anda melanjutkan ke bagian lain atau ke modul berikutnya.
Untuk guru / instruktur
1.  Guru / instruktur harus menguasai sepenuhnya isi modul dan mempunyai  daftar  bagian
 modul
 yang
 mungkin
 sulit  bagi
peserta didik dan mempersiapkan penjelasan / jawaban yang diperlukan.
2.  Guru /
instruktur harus mempunyai catatan
posisi dan kemajuan setiap peserta didik dan sekaligus
memikirkan sumber informasi lain yang dapat disarankan kepada peserta didik.
3.  Guru  /  instruktur  hendaknya  dapat
 meningkatkan
 motivasi peserta didik setiap saat terutama bagi peserta didik yang berhasil
(memberi pujian, penghargaan, hadiah kecil, dll).
4.  Sebelum memberikan verifikasi keberhasilan peserta didik, guru
/ instruktur harus
mengevaluasi keberhasilan peserta
didik dengan  memberikan  pertanyaan,  soal, 
test  dan  sebagainya yang telah dipersiapkan terlebih
dahulu.
5.  Modul yang digunakan
oleh peserta didik harus dimulai
secara berurutan.
6.  Setiap satu modul
selesai, peserta didik harus
melaporkannya kepada fasilitator dan diverifikasi oleh fasilitator melalui tes sederhana, tanya
jawab dan sebagainya.
7. Peserta didik ditugaskan untuk membuat
rangkuman setiap modul yang telah mereka pelajari.
8.  Peserta didik dapat
melanjutkan ke modul berikutnya setelah
diverifikasi.
9.  Bila peserta didik
dapat menyelesaikan
seluruh modul dalam satu tingkat
dengan waktu kurang dari
yang ditetapkan, maka mereka diberikan
modul pengayaan.
10. Modul  ini  merupakan  edisi  ketiga
 dari  edisi  awal  materi kurikulum 2004. Oleh karena itu,
guru / instruktur diharapkan:
a.  membuat catatan rinci mengenai
kekurangan modul ini ;
b.  Menambahkan materi yang dianggap lebih baik dari yang ada,
sesuai dengan kondisi
setempat.
1.4     Tujuan Akhir
Setelah mempelajari modul ini, peserta
didik diharapkan mampu:
1.  memahami fungai dasar dan penggunaan keyboard
sebagai salah satu alat input;
2.  mengetik 10 jari.
1.5     Cek Kemampuan
Apabila Anda dapat menjawab
seluruh soal di bawah ini, silakan
langsung mengambil unit kompetensi
selanjutnya.
1.5.1  Soal
Teori
1.  Yang
dimaksud dengan keyboard  adalah:
a.  Alat
untuk melihat hasil ketikan b.  Papan tombol ketik
c.  Alat untuk mencetak
d.  Program grafik
e.  Kunci untuk komputer
2.  Pilih
dibawah ini yang bukan jenis keyboard secara fisik:
a.  Keyboard Serial
b.  Keyboard Paralel c.  Keyboard PS/2
d.  Keyboard Wireless
e.  Keyboard USB
3.  Mana hal berikut yang bukan
merupakan fungsi dari
keyboard?
a.  Menekan 
 tombol 
 panah 
 pada 
 keyboard   untuk menggerakkan kursor
b.  Menekan tombol shift untuk menempilkan huruf besar atau kecil
c.  Menekan tombol esc untuk membatalkan perintah
d.  Menekan tombol enter untuk menghapus hasil ketikan
e.  Menekan tombol page up untuk menggulung tampilan
layar ke atas
4.  Jumlah tombol numerik pada keyboard
adalah:
a.  9
b.  10
c.  11
d.  17
e.  19
5.  Fungsi tombol page down adalah: a.  Menggerakkan kursor ke kanan b.  Menggerakkan kursor ke kiri
c.  Menggerakkan kursor ke atas
d.  Menggerakkan kursor ke bawah
e.  Menggerakkan kursor ke samping
1.5.2  Soal Praktek
1.  Ketik  kalimat  di  bawah  ini  dalam  waktu  5  menit  dengan menggunakan 10 jari (491
karakter).
Bila Anda ingin sukses
dan berhasil membina teknik mengetik
yang baik, maka Anda memerlukan waktu yang cukup pendek hanya dengan syarat bahwa anda harus
mengikuti semua petunjuk pengajar
Anda setiap hari.  Terutama pikiran
Anda harus tenang dan relax tanpa
memikirkan yang lain-lain,
pusatkanlah  perhatian  anda  pada
 naskah 
yang  terletak
 di
meja Anda. Gerakkanlah jari-jari Anda dengan
teratur dengan kecepatan yang sama,
usahakanlah bahwa jari-jari Anda tetap pada garis pangkal.
2.  Ketik
kalimat di bawah ini dalam waktu
10 menit dengan menggunakan 10 jari (1090
karakter)
Menteri Radius Prawiro
kemarin mengatakan, tekstil termasuk produk dengan siklus pendek, yaitu cepat ada pergantian jenis produk karena harus memenuhi selera itu, hasil
produksinya tidak bakal banyak menarik masyarakat konsumen.
Karena itu, pengusaha tekstil
dalam negeri harus mengadakan penelitian lapangan, untuk menentukan jenis disain yang digemari masyarakat.
Berdasarkan penelitian tersebut, perusahaan dapat membuat
disain yang paling
digemari. Tetapi situasi sekarang
ini lain, salah satu produk yang
digemari diproduksi sebanyak- banyaknya, melebihi kebutuhan.
Sehingga ketika  selera  konsumen  berubah 
mengarah  ke  kualitas 
yang lebih bagus, maka tekstil tersebut tinggal tertumpuk tidak mampu dijual lagi.
Masalah kuantitas
dan kualitas, selain untuk pasaran dalam
negeri juga untuk ekspor. Bila kualitas tidak memenuhi syarat ekspor,
tentu tidak laku untuk dipasarkan di luar negeri.  Dalam persaingan di
pasaran internasional, produsen Indonesia sebaiknya memiliki keterampilan,
teknologi tinggi serta efisiensi yang setaraf dalam berproduksi dan manajemen usaha.
 2. KEGIATAN BELAJAR 1
2. KEGIATAN BELAJAR 1
2.1   Tujuan
Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang
pengertian komputer serta bagian – bagiannya. Juga akan dibahas mengenai perangkat   input  
komputer   yang   paling   banyak  
digunakan,   yaitu keyboard.
Sebagai sebuah perangkat input,
keyboard memiliki banyak fungsi yang dijelaskan secara rinci.
Diharapkan setelah mempelajari
kegiatan belajar ini, Anda dapat
memahami jenis – jenis keyboard serta fungsi tombol – tombol
yang terdapat pada keyboard tersebut.
2.2   Organisasi Komputer
Komputer    berasal   dari 
 bahasa 
 latin 
 computare 
 yang   berarti menghitung. Karena luasnya
bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan            peneliti   sedikit   berbeda 
 dalam 
 mendefinisikan   termininologi
komputer.
 •           Menurut Hamacher [1], komputer
adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat
menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan
output
berupa informasi.
•           Menurut Hamacher [1], komputer
adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat
menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan
output
berupa informasi.
•        Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan
beberapa tugas sebagai
berikut:
-   
menerima input;
-    memproses input tadi
sesuai dengan programnya;
-    menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan;
-    menyediakan output dalam bentuk informasi.
•           Sedangan Fuori [3]
berpendapat bahwa komputer adalah
suatu pemroses data yang dapat melakukan
perhitungan
besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Sistem kerja
komputer secara garis
besar terbagi atas 3 bagian,
dan seluruh bagian ini saling berkaitan
satu sama lain.

INPUT DEVICE
PROCESS
DEVICE
OUTPUT DEVICE

Gambar 1.1  Bagian-bagian Komputer

Gambar 1.2  Satu
unit komputer
•     Input  device  atau  alat  masukan  adalah  perangkat
 keras
 komputer
yang             berfungsi  untuk
 memasukkan
 data
 atau
 perintah
 ke
 dalam
komputer
•     Process device atau alat pemroses
adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah
yang diterima oleh alat masukan
dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output
•     Output device 
 atau alat keluaran adalah perangkat
keras komputer yang berfungsi
untuk menampilkan
hasil yang telah diolah oleh bagian
proses
2.3   Keyboard
Penciptaan keyboard komputer
di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher
Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh
Perusahaan Remington.
 Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card)
dan teknologi pengiriman tulisan jarak
jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer
ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card)
dan teknologi pengiriman tulisan jarak
jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer
ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard”
maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah
komputer, karena
keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari
tombol-tombol  untuk  mengetikkan  kalimat  dan  simbol-simbol  khusus lainnya pada komputer. Keyboard
dalam bahasa Indonesia
artinya papan  tombol  jari  atau  papan  tombol.  Pada  keyboard  terdapat tombol-tombol huruf
A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta
tombol-tombol  khusus  lainnya  yang
 jumlah
 seluruhnya
 adalah
 104
tombol.  Sedangkan  pada  Mesin  ketik  jumlah  tombolnya  adalah
 52
tombol.  Bentuk  keyboard  umumnya  persegi  panjang,  tetapi  saat  ini
model keyboard sangat variatif.
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa
maupun  mesin  ketik 
listrik.  Nah,  keyboard  mempunyai 
kesamaan bentuk dan fungsi
dengan mesin ketik. 
Perbedaannya  terletak  pada hasil output atau tampilannya.
Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan
setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan
maka hasilnya langsung kita
lihat pada kertas. Tidak demikian
dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya.  Seperti
 juga
 “mouse”,  keyboard
 dihubungkan
 ke
 komputer
dengan  sebuah  kabel  yang
 terdapat
 pada
 keyboard.
 Ujung
 kabel
tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat
pada CPU komputer. Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian,
yaitu:
1.     Keyboard Serial
Menggunakan DIN 5 male
dan biasanya digunakan pada komputer tipe
AT.
Gambar 1.3
 Port pada keyboard serial
Port pada keyboard serial
2.     Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang
paling banyak dipergunakan. Pemasangan
keyboard
tipe ini harus dilaksanakan  dengan 
cermat,  sebab  port  
 yang  dimiliki  sama
dengan port untuk mouse.


3.     Keyboard Wireless
Gambar 1.4
Port pada keyboard PS2 dan konektor pada motherboard
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan
kabel sebagai penghubung antara keyboard
dengan komputer. Jenis
koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk  menghubungkan
 keyboard 
dengan  komputer,  dibutuhkan
unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya
terdapat
pada keyboard itu sendiri, sedangkan
penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
Gambar 1.5
Keyboard dan mouse wireless
 4.  Keyboard USB
4.  Keyboard USB
Komputer terbaru
saat ini sudah banyak
yang mempergunakan jenis konektor 
 USB yang menjamin
transfer data lebih cepat.
 Gambar 1.6
Gambar 1.6
Konektor USB
 2.4   Struktur tombol pada
keyboard
2.4   Struktur tombol pada
keyboard
Dari  sisi  tombol 
yang  digunakan, 
keyboard  memiliki 
perkembangan yang tidak       terlalu pesat sejak ditemukan pertama
kali. Yang terjadi hanyalah penambahan –     penambahan beberapa tombol bantu yang
lebih mempercepat pembukaan
aplikasi program.
Secara umum, struktur
tombol pada keyboard terbagi atas 4,  yaitu:
5.     Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik
adalah salah satu bagian dari keyboard
yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun,
yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan
QWERTY.
6.     Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard
yang berisi angka dan sangat
berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur 
 angkanya disusun menyerupai kalkulator
dan alat hitung lainnya.
7.     Tombol
Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan  beberapa 
tombol  fungsi  pada keyboard standard. Tombol ini dapat
dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
8.     Tombol
kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol
terhadap kursor dan layar. Tombol
yang  termasuk  dalam 
kategori  ini  adalah
 4
 tombol
 bersimbol
panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page
up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).
 Function keys
Function keys
Typing keys                               Control keys                                 Numeric
Keypad
Gambar 1.7
Bagian – bagian keyboard
Beberapa
fungsi tombol pada keyboard terdapat pada tabel berikut
ini.
|  | 
Tombol ALT akan
  berfungsi bila penggunaannya dipasangkan
  dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya
  yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif. | 
|  | 
Tombol CTRL
  akan berfungsi bila penggunaannya
  dipasangkan dengan tombol lainnya
  seperti tombol C atau disebut
  juga CTRL-C akan berguna
  untuk menyalin saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard,
  yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang    ditentukan    dengan    menggunakan 
CTRL-V | 
|  | 
Tombol F1 –
  F12 adalah tombol fungsi yang
  pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1
  biasanya digunakan untuk
  menampilkan menu
  Help yang akan memberikan
  penjelasan mengenai aplikasi yang sedang
  berjalan | 
|  | 
Tombol ESC
  (Escape)
  adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan  CANCEL,
  yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan. | 
|  | 
Tombol Enter
   adalah  tombol 
  yang kegunaanya sama dengan
  pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris
  kosong atau baris baru pada proses
  pemasukan text. | 
|  | 
Pada Window
  dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau
  daerah isian atau pilihan
  berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti 
  lompat  ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat. | 
|  | 
Menggerakan 
   penunjuk   karakter   (kursor) 
sesuai arah anak panah
  bersangkutan. | 

Mengetik 10 Jari                                                                                                                       
 16
|  | 
Berguna pada saat proses pengetikan.
  Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan
  karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus. | 
|  | 
Berguna pada
  saat proses pengetikan. Menekan tombol Delete
  akan mengakibatkan
  karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus. | 
|  | 
Berguna pada
  saat proses pengetikan. Menekan
  tombol Home akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada. | 
|  | 
Berguna pada
  saat proses pengetikan. Menekan
  tombol End akan mengakibatkan
  kursor   berpindah   ke   akhir  
  baris   dimana kursor berada. | 
|  | 
Berguna pada
  saat proses pengetikan. Menekan
  tombol PgUp akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar
  dari kursor berada | 
|  | 
Berguna pada
  saat proses pengetikan. Menekan
  tombol PgUp akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada | 
2.5   Rangkuman kegiatan belajar 1
•        Keyboard merupakan salah satu perangkat input yang berfungsi
untuk memasukkan data secara langsung
kepada bagian proses
•     Secara fisik, keyboard dapat
dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:
o Serial;
o PS2;
o Wireless;
o USB.
•     Keyboard terdiri atas 4 bagian utama, yaitu:
o Typing keys;
o Numeric keypad;
o Function keys;
o Control keys.
•     Tombol ketik pada keyboard terdiri atas 2 jenis, yaitu
QWERTY
dan DVORAK.
2.6   Tugas
kegiatan belajar 1
1.      Diskusikan dengan
rekan Anda fungsi
utama keyboard sebagai alat input.
2.      Carilah informasi
sebanyak – banyaknya mengenai jenis – jenis
keyboard, terutama dari segi desain
ergonomisnya (Silakan buka www.ilmukomputer.com,            www.howstuffworks.com           dan www.whatis.com ).
3.     Diskusikan perbedaan antara keyboard QWERTY dan DVORAK.
4.      Bukalah aplikasi word processing apa
saja (atau minta bantuan guru / instruktur anda untuk membukanya), kemudian ketik satu persatu tombol
– tombol pada keyboard, kemudian
catat dan buat rangkuman korelasi
antara penekanan tombol dengan hasil yang tampak pada layar Anda.
2.7   Tes formatif
pemelajaran 1
Selesaikan soal teori yang ada pada bagian 1 (pendahuluan)
 3. 
KEGIATAN BELAJAR 2
3. 
KEGIATAN BELAJAR 2
3.1   Tujuan
Untuk  apa  belajar 
mengetik  10  jari 
apabila  dengan  ‘11’  jari 
saja pekerjaan sehari – hari telah dapat dilakukan ?
Mungkin pertanyaan tersebut akan terlontar apabila melihat tujuan kegiatan belajar ini.
Memang  seorang  teknisi  tidak 
membutuhkan  kecepatan  dan
kepandaian mengetik 10 jari seperti seorang sekretaris, tetapi apabila
dihadapkan pada suatu keadaan yang
baru, dimana kecepatan merupakan sebuah tuntutan, maka mengetik 10 jari dengan cepat
dan tepat adalah sebuah keharusan.
 Kegiatan
belajar 2 ini menekankan kepada dasar-dasar mengetik 10 jari yang dilengkapi dengan latihan untuk 
setiap tombol yang ada pada
keyboard. Setiap latihan hendaknya
dapat diikuti secara penuh dan
bertahap.  Jangan  melangkah  ke  latihan
 berikutnya
Kegiatan
belajar 2 ini menekankan kepada dasar-dasar mengetik 10 jari yang dilengkapi dengan latihan untuk 
setiap tombol yang ada pada
keyboard. Setiap latihan hendaknya
dapat diikuti secara penuh dan
bertahap.  Jangan  melangkah  ke  latihan
 berikutnya
apabila  belum
 memahami
 dan
 menguasai  latihan yang saat ini dilaksanakan.
3.2   Langkah awal pemelajaran
Ketiklah kalimat dibawah
ini pada komputer di depan
Anda (silakan menggunakan word processing apa
pun, mintalah bantuan
instruktur untuk membuka aplikasi tersebut), dan hitung waktu yang Anda butuhkan
untuk mengetik keseluruhan kalimat.
Pesatnya kemajuan tneknologi informasi
dan komunikasi, disingkat TIK, atau disebut pula informatika, yang kemudian berkembang
menjadi telematika, serta meluasnya
perkembangan infrastruktur informasi
global telah mengubah pola dan cara
kegiatan bisnis, industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ekonomi
berbasis ilmu pengetahuan dan informasi
telah  menjadi  paradigma  global 
yang  dominan.  Kemampuan untuk  terlibat  secara 
efektif  dalam  revolusi 
jaringan  informasi akan menentukan
masa depan kesejahteraan bangsa.
Berbagai keadaan menunjukkan bahwa Indonesia belum mampu  mendayagunakan  potensi 
TIK  secara  baik,  dan  oleh karena itu Indonesia terancam
kesenjangan digital (digital divide).
Kesenjangan sarana dan prasarana TIK
antara kota dan pedesaan, juga memperlebar jurang perbedaan
sehingga terjadi pula digital divide di dalam negara kita sendiri.
•        Hitung waktu
yang anda butuhkan untuk mengetikkan 2 paragraf di atas.
•        Hitung  kesalahan
 kata
 dan
 huruf
 yang
 Anda
 lakukan
 dalam pengetikan tersebut.
•     Ingin mengetik dengan  lebih  cepat ?  Lebih  akurat
?  Dan
 lebih
Profesional ?
 Silakan meneruskan mempelajari dan mempraktekkan
latihan di modul ini
Silakan meneruskan mempelajari dan mempraktekkan
latihan di modul ini
3.3   Tips menggunakan keyboard
Di masa sekarang ini telah tersedia berbagai macam produk keyboard yang ditujukan agar anda
nyaman mengetik, meski dalam waktu lama. Namun
yang lebih penting
adalah bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera.
Untuk itu ada baiknya mengikuti nasehat
Stephanie Brown, seorang
guru piano asal Amerika, dalam majalah
"Her World".
"Ikutilah disiplin pemain piano yang sedang
pentas," katanya. Stephanie
memberi lima petunjuk untuk diterapkan saat anda mengetik
pada keyboard.
1.     Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak
tangan
Upayakan pergelangan tangan anda selalu sejajar
dengan telapak tangan. Lemaskan 
pergelangan  tangan  anda  seperti
mengambang. Jangan tegang.
2.     Posisi siku
menggantung
Pastikan     siku    anda  
 dalam  
 posisi  
 bebas  
 menggantung. Menyandarkan  siku  pada  sandaran
 kursi  saat  mengetik,  selain
menyulitkan anda untuk mengetik,
juga membuat anda tegang dan cepat lelah.
3.     Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda
Kunci mengetik tanpa lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari anda. Jangan kaku dan tegang. Biarkan
lemas, rileks, apa adanya.
4.     Tekan
tombol dengan tenang
Jangan menekan tombol dengan kuat atau
mengalirkan kekuatan penuh pada tangan anda. Ingat, anda sedang mengetik, bukan memukul tombol keyboard.
5.     Bila
tidak sedang mengetik
Lemaskan keseluruhan tangan bila sedang
tidak memencet tombol di  keyboard. Keadaan  anda  sebelum 
mengetik  juga mempengaruhi kondisi anda di saat mengetik.

3.4   Posisi
tangan pada keyboard
Secara umum,
ada 2 cara peletakan tangan pada keyboard.
3.4.1    Posisi Pertama


| 
Tangan Kiri 
Jari Kelingking                 : | 
Baris Pertama | 
= | 
‘ dan 1 | 
|  | 
Baris Kedua 
Baris Ketiga
  Baris Keempat Baris Kelima | 
= 
= 
= 
= | 
Tab dan Q 
Capslock dan A Shift kiri dan Z 
Ctrl dan Windows | 
| 
Jari Manis                        : | 
Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat | 
= 
= 
= 
= | 
2 
W S X | 
| 
Jari Tengah                     : | 
Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat | 
= 
= 
= 
= | 
3 
E D C | 
| 
Jari Telunjuk                    : | 
Baris Pertama Baris Kedua
  Baris Ketiga Baris Keempat | 
= 
= 
= 
= | 
4 dan 5 
R dan T F dan G V dan B | 
| 
Ibu Jari                            : | 
Baris Kelima | 
= | 
Alt kiri dan Spasi | 
| 
Tangan kanan 
Ibu Jari                            :
  Jari Telunjuk                    : | 
Baris Kelima 
Baris Pertama | 
= 
= | 
Alt kanan
  dan Spasi 
6 dan 7 | 
|  | 
Baris Kedua 
Baris Ketiga 
Baris Keempat | 
= 
= 
= | 
Y dan U 
H dan J N dan M | 
| 
Jari Tengah                     : | 
Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat | 
= 
= 
= 
= | 
8 
I K 
, | 
| 
Jari Manis                        : | 
Baris Pertama 
Baris Kedua | 
= 
= | 
9 
O | 
Baris Ketiga        
 = 
 L Baris Keempat      =   .
Jari Kelingking                 :    Baris
Pertama      =   0, -, = dan
BackSpace
Baris
Kedua          =   P, [ dan ]
Baris Ketiga          = 
 , ;, ‘ dan Enter
Baris Keempat    
 = 
 / dan shift kanan
3.4.2    Posisi Kedua


| 
Tangan Kiri 
Jari Kelingking                 : | 
Baris Pertama | 
= | 
‘ dan 1 | 
|  | 
Baris Kedua 
Baris Ketiga
  Baris Keempat Baris Kelima | 
= 
= 
= 
= | 
Tab dan Q 
Capslock dan A Shift kiri dan Z 
Ctrl dan Windows | 
| 
Jari Manis                        : | 
Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat | 
= 
= 
= 
= | 
2 dan 3 
W S X | 
| 
Jari Tengah                     : | 
Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat | 
= 
= 
= 
= | 
4 
E D C | 
| 
Jari Telunjuk                    : | 
Baris Pertama Baris Kedua
  Baris Ketiga Baris Keempat | 
= 
= 
= 
= | 
5 dan 6 
R dan T F dan G V dan B | 
| 
Ibu Jari                            : | 
Baris Kelima | 
= | 
Alt kiri dan Spasi | 
| 
Tangan kanan 
Ibu Jari                            :
  Jari Telunjuk                    : | 
Baris Kelima 
Baris Pertama | 
= 
= | 
Alt kanan
  dan Spasi 
7 dan 8 | 
|  | 
Baris Kedua 
Baris Ketiga 
Baris Keempat | 
= 
= 
= | 
Y dan U 
H dan J N dan M | 
| 
Jari Tengah                     : | 
Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat | 
= 
= 
= | 
I K L | 
| 
Jari Manis                        : | 
Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga | 
= 
= 
= | 
9 
O L | 
| 
 | 
Jari Kelingking
Modul ini menggunakan
cara kedua dalam proses pengetikan 10 jari.
3.5   Latihan
Dasar
Bagian ini merupakan latihan
– latihan dasar untuk mengetik 10 jari. Ikuti baik – baik
langkah – langkah yang ada pada setiap latihan. Jangan berpindah ke latihan selanjutnya apabila latihan pertama belum dikuasai
dengan baik.
3.5.1    Latihan penguasaan tombol pangkal
Garis pangkal ini adalah letak jari apabila kita meletakkan jari pada keyboard. Gerakan – gerakan jari harus
segera kembali pada posisi garis pangkal.


Tangan kiri: A, S, D dan F                Tangan kanan:  J,
K, L dan
;
Untuk melatih
penggunaan tombol pangkal,
ketiklah yang berikut masing – masing 5 baris.
ff  
ff   ff  ff   jj   jj  jj   jj  fj  
fj   fj   jf  jf  
ff   jj   fj   fj   jf  
jf dd  dd  dd  kk  kk  kk  dk 
dk  kd 
dk  dd  kk 
fk  jd 
kj  jk  kj ss  ll  ss  ll  ss  ll  sl  ls  ls  ls  js fl
 fl
 dl
 dl ld  js  lf  ld
aa  aa  ;;  ;;  aa  aa  ;; ;; 
a;  a;  a; 
aj  aj  aj  f;  ka  da 
ja  f;
jaf  faj  dak  kad  jad  dal  lad sad  sak  kas  dak
 kal
 jak
 lak
daka  kada  lasa  sala  fasa  asaf
asal  sadal  akal  adas  jala jasa  lasak  falak
 salak
 jalak fasal  jasad  kadal  kakak  jajal jakad  sakal  kadas
 kasad
 kasal
 kas dadak sadak
 saja
 alas
jaksa  ada  kala;  kakak  ada  dada; 
jaksa  jajal  fasal 
fasal
3.5.2    Latihan penguasaan tombol g
Tombol g diketik dengan jari telunjuk kiri ke arah kanan. Renggangkanlah jari telunjuk, sedangkan jari
kelingking tetap pada tempatnya.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris
fg  fg  gf  jg gj dg  kg  kg  sg  lg ag
 jg
 lg
 ag 
jg  lg  sg  dg  gd gaf  gad  gal  gas  gaj  gagak
 gagad
 jagad
 gagal
 lagak  galak gaja  jaga  gasak
 gadak
 gasal
 gajak
 gagak
 gafa
 gagal
 gafa
galak  jagad  gagal  gagak  sagak  lagak  gafal  gafaj  lafas  gas ada  gagak  galak;
 galak
 gagak ada  saja;  saja  gagak  fasal
3.5.3    Latihan penguasaan tombol h
Tombol h diketik
dengan jari telunjuk
tangan kanan ke arah kiri. Renggangkanlah jari telunjuk, sedangkan jari kelingking tetap pada tempatnya.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
jh  jh  hj  fh  hf  hk  kh hd
 ha
 hl
 sh
 ah
 ha
 hl
 hs
jah  fah  gah  dah  sah  lah  hal
has  hak  hah  hag  fah  dah hajag  gadah  halal
 hagal
 lafah
 halal
 kalah
 lajah
 sadah
hafal  hafas  hajag  jadah  asah
gajah  jaha  jasad  gajah  akal lafal  gajah  salah
 jagad;
 kadal salah  gajah;  kasa  jaksa
3.5.4    Latihan penguasaan tombol e
Tombol e diketik
dengan jari tengah tangan kiri ke sebelah
atas. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
de  de  de  ed  ed  ed  ke  ek  fe  je 
fe  ge  se
 le
 ke
 se
 dek
dede  keke
 dekdek
 kedked
 dedak
 ledas
 sedak
 dedes
 ledas
kekal  sedah  lekah  gede  jedah  lelah  gedek  saleh  hehe
3.5.5    Latihan penguasaan tombol i
Tombol i diketik
dengan jari tengah kanan ke sebelah atas. Ketiklah kata berikut masing –
masing 5 baris.
ki  ki  ki  ik  ik  ik  di di fi  fi   ji   ji   li   si 
 is  
di   ki   di 
 di
ki  didi  dedi
 keki
 sili
 lisi siki  didik  dedik  didih  dedi  keki lili  leli  sisi  lidi  asih  gigi gigih  jika  alih  kaki  daki  jikil didik  didi  lihai  sedih  siji  gili
 gila
 hilaf
 fisik
 sedih
 lihai
3.5.6    Latihan penguasaan tombol r
Tombol r diketik
dengan jari telunjuk kiri rapat ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
fr   fr  
fr  rf  rf  rf  jr  jr 
 rj 
 rj   gr  
gr   rg   rg   rh  
kr   dr   sr
fir   fer   ker 
 lir 
 sir  ser   ler 
 air 
 lari 
 kari
 kiri   dari  kiri 
 rid raki  rika  geri  heri
jeri  feri  seri  lira 
sari  deras
 jari
 deras
era  eri  geri
 risa
 riri
 kera
 dera liar
 riak
 rial  rias 
rere  eri
3.5.7    Latihan penguasaan tombol u
Tombol u diketik
dengan jari telunjuk
kanan ke atas. Ketiklah kata berikut masing –
masing 5 baris.
ju  ju  
ju  uj 
 uj  uj  fu  fu 
uf  gu ug
 hu
 uh   du 
 lu 
 ul 
 sul juju  fuju  guju
 huju  kuku  duduk  susu  lusu
 suku
 ujuk
 juri
ujud  sujud
 kuah
 sauh
 guruh  deru  jeruk  deruh  ragu  sagu deru  saku  laku
 kaku
 siku
 rusak  luas  kura  lagu  salju  gusi
3.5.8    Latihan penguasaan tombol m
Tombol m diketik
dari jari telunjuk
kanan rapat ke sebelah
bawah.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
jm  jm jm mj mj  mj
 fm
 mf
 dm  md  km mk  ms 
im  sm  am mia  mie  mis  mid mif  mud  mur
 muak  muka 
rame  rumah jama  jamu jemu
 mimis
 mila  mimic  demi  semir  mile  limau ramah  samak  lemak
mika, gama  jamak 
maka  mamuk
3.5.9    Latihan penguasaan tombol v
Tombol v diketik
dengan jari telunjuk kiri ke
bawah. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
fv fv 
fv vf vf vf  hv  vh  fv 
fv  iv vi  dv  vd 
 vk  kv 
 vl
vur  vir  val  vak  vaf  vakir  vas vava
 vasir
 luv  vul  vuvur  viva vuvu  vulva  vis  vulva
 vikda
 vules
 veksi
 viksa
 vulva
 veve
gavur  haver  juvel  livak  kurva 
larva  serva  vivi  vasu  suva
3.5.10  Latihan penguasaan tombol n
Tombol n diketik dengan jari telunjuk
kanan direnggangkan ke
bawah.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
jn jn  jn nj nj nj
 jan nam 
jin   jen   nevl 
 neni 
 nina 
 nini nana  makan  nian
 deni
 senian
 anin
 nian
 mian
 nisah
 ninah
gung  gunung
 junan
 fanni
 nisan
 hiasan
 human
 nunuk
 nava
niur  sana
 sini
 mina
 vandal
 mannen
 nama
 nenek
 nanu
 niru
3.5.11  Latihan penguasaan tombol b
Tombol b diketik
dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke bawah.
Ketiklah kata berikut
masing – masing 5 baris.
fb  fb  fb  bf  bf bf  jb  bj  bk  bal 
lab  bas  buk  bek  bikin
bubuk  baba  babi  bibi  bebek  lubuk  kubu  bubur  dubur  bulu baris  bala  baker
 badu
 babi
 basi
 bari
 bisul
 beruk
 babak
bani  bakmi
 bendi
 badak
 barak
 benak
 bivak
 beruk
 busuk
3.5.12  Latihan penguasaan tombol c
Tombol c diketik
dengan jari tangan tengah kiri ke sebelah bawah.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
dc   dc   dc 
 ce 
 cd  cd   kc  
ck   jc   ic  
cl   ch   gc 
 cg 
 cd cece  cuka  ceki
 cucu caca 
cici  cari  cicil  curi 
ceri  carilah cadu  cuad  cecis  nacis  leces  lecet  licu  macu  baca  ceceb
3.5.13  Latihan penguasaan tombol koma
Tombol koma diketik
dengan jari tengah kanan ke sebelah
bawah.
Ketiklah kata berikut
masing – masing 5 baris.
cucu nenek,  anak
ibu,  adik
kakek, lurah,  cucu,
 nenek,
 ibu,
anak,  adik,  sama,  jani,  gajah,
macan,  rusa, 
camar,  kejam,
3.5.14  Latihan penguasaan tombol t
Tombol t diketik
dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke sebelah atas.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
ft   ft  
ft  tf 
 tf 
 tf 
 ft 
 tf  
lt   tl   st   nt   mt   tm   tn   ts   st   tm
fit   tek   tak 
 tuk   tika 
 teri 
 tiku   timun 
 teriak 
 tarik 
 titi   tek taci   tecu  
 tacu  taji  
 tareh  
atgi   timun    tinggi   titing  
 tuti
seriti  sarut
 tuan
 tutu
 tajah  ganti  setuju  catu  sarut  tuka
3.5.15  Latihan penguasaan tombol y
Tombol y diketik
dengan jari telunjuk kanan direnggangkan ke sebelah atas.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
jy jy  yj yj  hy yh fy  yf
 yt  yt  ty uy
 yu
 yhj  yhy  juy  kuy
yeni  yuyu
 yareh
 yety
 jaya raya 
saya  daya  kayu  layu
yati  gayu
 hayu
 masayu
 dayan citayan  cilamaya
 sayur
 yari
3.5.16  Latihan penguasaan tombol o
Tombol o diketik dengan jari manis kanan ke
atas. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
lo  lo  lo  so  so  ko  ok  do  fo jo  ho  so  lo  co
 to
 vo
 lo
lolo  sono  olo  solo  kodok  rokok
 totok
 golok
 holo
 alo
 elok
olok  ojak
 okumeno
 bodoh
 jorok  gado  cocok  odek  reok otak  olah  solo
 Volvo
 oyak
 yoyo
 yono
 tono
 otak
 olah  solo
3.5.17  Latihan penguasaan tombol w
Tombol w diketik
dengan jari manis kiri ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
sw  sw  sw  ws  ws  lw  lws sws  lws  cow  woll  loww  soww woll  wall  which
 saw
 was
 who
 which
 what  who  cow  wall
wolf  waht  which  saw  was
twi  two  town  khow
 down
jewells  giwang  hawa  mawas sawa  ketawa  sawo  mawar
3.5.18  Latihan penguasaan tombol titik
Tombol titik diketik dengan jari manis kanan ke bawah.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
ll.   s.   ol. 
 sw. 
 ll.  ss.   sws. 
 lolo. 
 so.   los. 
 kaos. 
 lolos. hari ini cocok untuk ia bermain.  sedang
kemarin ia tidak tidur hari
ini untuk bermain.  sedang kemarin
ia tidak cocok saja.
yathy sakit hari ini.  sebab itu ia tidak masuk sekolah hari
ini.
3.5.19  Latihan penguasaan tombol shift kiri dan kanan
Apabila jari tangan kanan mengetik,
maka tombol shift kiri yang ditekan, sedangkan apabila
jari tangan kiri yang mengetik,
maka tombol shift kanan yang ditekan.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
Juni,   Korma,   Lerry,  Itik,   Musa,   Harry, 
 Unu, 
 Noyo,   Juni, Ferry,  Gajah,  Dick,  Sulaiman, Agustus,  Gurry,  Bakar,  Dock,
3.5.20  Latihan penguasaan tombol p
Tombol p diketik
dengan jari kelingking kanan ke atas. Ketiklah kata berikut masing –
masing 5 baris.
pp  ap 
 sp 
 dp 
 fp 
 lp  
kp  gp tp  cp  up  mp   ap  wp   pp 
 ap apa  papa  panam
 palu
 paku
 pasar
 patal
 pagar
 pagi
 papa
papan  gapur  cipa  yapa  peri  pakta  pastor  pondok  pantun
japan  gapur  cipa  yapa  copot
bapak  pispot  wingpt  panu
Padi  menguning,
 pastor
 membaca,  Phospor  bahan  kimia
3.5.21  Latihan
penguasaan tombol x
Tombol x diketik dengan jari manis kiri ke
bawah. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
sx   sx   sx 
 xs   xs   xs   lx 
 xl   dx   xd   fx 
 kx 
 xk   wx 
 xw   kx max  nes  lex  dex  telex
 xenon
 ex
 donex
 maxy
 sexy
 xeres
exec  laxi  maxi
 taxi
 rotax 
xixi xuci  telex 
six  taxi  laxi  cixi
3.5.22  Latihan penguasaan tombol q
Tombol q diketik
dengan jari kelingking kiri ke atas. Ketiklah
kata berikut masing – masing 5 baris.
aq   aq   aq 
 qa 
 qa 
 jq  qj 
 kq 
 qk 
 bq  qv 
 cq  
xq   tq 
 rq quin  qoqo  qaqa  Qantas
 qanqan
 qimpu
 quker
 quares
 qoqo
Conqueror makan Quakeer,  Queen dinobatkan pada hari ini.
3.5.23  Latihan penguasaan tombol z
Tombol z diketik
dengan jari kelingking kiri ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
az  az  az za  za  za zz
 za
 az kz  dz  zd  iz
 wz
 qz  zq
 iz
taz  zat  zar  zul  zone
zigzag zamzam  zone  zitzit  zaszas  zat
Ijazah,  Zone,
 Zigzag,
 Zamzam,  Zulkarnaen,  Zulham,  Zone.
3.5.24  Latihan
penguasaan angka – angka
Pengetikan angka – angka ini perlu mendapat perhatian
yang serius karena tata letak tombol yang agak sukar.
Angka 1      
 : dengan jari kelingking kiri ke atas
Angka 2        : dengan jari manis kiri ke atas Angka 3        : dengan jari tengah kiri ke atas
Angka 4        : dengan jari telunjuk kiri ke atas Angka 5        : dengan jari telunjuk
kiri ke atas Angka 6        : dengan jari telunjuk kanan ke atas Angka 7        : dengan jari telunjuk
kanan ke atas Angka 8        : dengan jari tengah kanan ke atas
Angka 9        : dengan jari manis kanan ke atas
Angka 0        : dengan jari kelingking kanan ke atas
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
a1  a1  a1  1a  1a  1a  q1z  s1s  a1 a1
 z1
 1z
 11
 a1
 11
 s1
Saya perlu telor 11 butir untuk 1 minggu.
S2  S2  w2  x2
 12
 c2
 s2
 w2 12  s2  w2  12  k2 d2  f2 
s2  12 d3  d3  e3  e3  d3  de3  dc3  cd3 ce3  ce3  kd3  fr3  gr3  de3
Ayah mempunyai cucu
sebanyak 3 orang.
y4   y4   y4 
 4y  rr4   f4b 
 f4m  
4fm   4ry   y4r   y4  
c4
f5   f5   5f 
 5f 
 5f  f5v 
 f5g 
 5g5 
 55ff 
5f   f4g   gg4 
 5f5 
 f5
Rokok 55 express
buatan London.
j6 j6j  y6y j6m j6u 
 6j6 
 6u6 
 6un 
 h6y  y6y 
 6yh 
 6yn 
 6ym j6  j6j  j6u  6j6  6u6  6um  h6y  y6y  6yh  6yn  6ym  6ym  6y6
Dalam tahun tertentu
banyaknya hari 366 hari.
J7  j7j 
 ju7 
 jm7 
 yu7   7un 
 ju7 
 u7j   j7j 
 7j7  
j7j   7uj   7uj
Satu minggu banyaknya 7 hari, Jam Titus 77 batu.
k8   k8k   8k8 
 ki8 
 dk8 
 8ki  88k 
 8d8 
 8dk 
 d8i 
 dk8 
 88i
l9  l9l  99  lo9 
 sl9 
 sl9 
 l9l 
 99s  oo9 
 ll9 
 9l9  
o9o   ao9   9ol
1a   10   100 
 010 
 1p 
 p1 
 p0  001 
 0p1 
 101 
 000 
 0p 
 p1
3.5.25  Latihan
penguasaan tanda – tanda baca
Untuk tanda – tanda baca yang letaknya terdapat di sebelah atas angka – angka, diketik dengan menekan tombol shift kiri atau 
kanan  dan  selanjutnya 
menekan  tombol 
angka  yang sesuai.
Untuk  tanda
 –
 tanda
 baca
 yang
 terletak
 di
 sebelah
 kanan,
diketik dengan menggunakan jari kelingking kanan.
Tanda kurang dapat digunakan juga sebagai
garis pemisah. Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
PT. “SRIWIJAWA LINES”
Jalan Andalas 5, Jambi.
5% dari 10.000 kg = 500 kg
L = Pound Sterling adalah mata uang Inggris.
$ = Dollar adalah mata uang USA.
(Dr.Ir.Gatot Hari Priowirjanto); Direktur
Dikmenjur Depdiknas
Jakarta
3.5.26  Latihan mengetik
cepat
Ketiklah kalimat
– kalimat di bawah ini dalam waktu 5 menit
(100 hentakan
per – menit).
mantu kemu manuk
maman mimic merah
majang molor mantu nina nunung ninna nuri nori kami kenan
kemari kenduri norma badu makan nasi tiap hari dan
adiknya baru besuk orang sakit bandi
selalu pergi ke pasar malam tiap hari
membawa ban sepeda cocok cucu cetil coba cabing ascaris cari cerita cicak cela
cebe lombok cantik xermon texas taxi maxi express
volavo vulva vandel vivere veri coloso vasco dagama azan wazir bravo the quick bravo
zarah azam azar vas bunga layu lemah gemulai
tenang tidur siang
3.6   Tugas
kegiatan belajar 2
1.      Tuliskan alasan mengapa Anda memilih
program keahlian pada
SMK  yang 
saat  ini  Anda  geluti. 
Tulis  esai  tersebut 
dengan mengetik pada komputer
Anda menggunakan metode 10 jari. Panjang tulisan antara 900 sampai 1000 karakter. Kerjakan dalam waktu maksimal
10 menit.
 2.                                                                    Ceritakan   makna   gambar 
 di 
 samping dengan  gaya
 bahasa 
dan  nalar
 Anda
sendiri.
2.                                                                    Ceritakan   makna   gambar 
 di 
 samping dengan  gaya
 bahasa 
dan  nalar
 Anda
sendiri.
Tuliskan pada komputer
dengan metode mengetik 10 jari, jumlah karakter
500 -
600 dan waktu kurang dari 5 menit.
3.7  Tes
formatif kegiatan belajar
2
Selesaikan soal praktek yang
ada pada bagian 1 (pendahuluan)

DAFTAR PUSTAKA
M. Situmeang, Drs,  Pelajaran Mengetik 10 Jari, Karya Utama, Jakarta, Indonesia, 1999.
Khalid Mustafa, Langkah Mudah Merakit
& Membangun Jaringan
Komputer, Coraq Press, Makassar, Sulawesi
Selatan, 2004.
 
 
 
0 comments