![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
1O JARI
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.gif)
MATA DIKLAT : KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI
PROGRAM KEAHLIAN
:
SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT
JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
2005
KETERAMPILAN MENGETIK 10
JARI
EDISI III- 2005
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.gif)
DAFTAR ISI
........................................................................................... 3
1 PENDAHULUAN ............................................................................ 5
1.1
|
Deskripsi ..................................................................................
|
5
|
1.2
|
Prasyarat .................................................................................
|
6
|
1.3
|
Petunjuk Penggunaan Modul ...................................................
|
6
|
1.4
|
Tujuan Akhir .............................................................................
|
7
|
1.5
|
Cek Kemampuan .....................................................................
|
8
|
|
1.5.1 Soal Teori .....................................................................
|
8
|
|
1.5.2 Soal Praktek .................................................................
|
9
|
2 KEGIATAN BELAJAR 1 ................................................................ 10
2.1
|
Tujuan .....................................................................................
|
10
|
2.2
|
Organisasi Komputer
.............................................................
|
10
|
2.3
|
Keyboard ...............................................................................
|
12
|
2.4
|
Struktur tombol pada keyboard ..............................................
|
14
|
2.5
|
Rangkuman kegiatan belajar 1 ..............................................
|
17
|
2.6
|
Tugas kegiatan belajar 1 .........................................................
|
18
|
2.7
|
Tes formatif kegiatan belajar 1 ................................................
|
18
|
3 KEGIATAN BELAJAR 2 ............................................................... 19
3.1
|
Tujuan .....................................................................................
|
19
|
|
3.2
|
Langkah awal
pemelajaran .....................................................
|
19
|
|
3.3
|
Tips menggunakan keyboard .................................................
|
20
|
|
3.4
|
Posisi tangan pada keyboard ..................................................
|
22
|
|
|
3.4.1 Posisi pertama .............................................................
|
22
|
|
|
3.4.2 Posisi kedua .................................................................
|
24
|
|
3.5
|
Latihan Dasar ...................................................................
|
26
|
|
3.5.1
|
Latihan penguasaan tombol pangkal ............................
|
26
|
|
3.5.2
|
Latihan penguasaan tombol g .......................................
|
27
|
|
3.5.3
|
Latihan penguasaan tombol h .......................................
|
27
|
|
3.5.4
|
Latihan penguasaan tombol e .......................................
|
27
|
|
3.5.5
|
Latihan penguasaan tombol i ........................................
|
28
|
|
3.5.6
|
Latihan penguasaan tombol r
........................................
|
28
|
|
3.5.7
|
Latihan penguasaan tombol u .......................................
|
28
|
|
3.5.8
|
Latihan penguasaan tombol m ......................................
|
29
|
|
3.5.9
|
Latihan penguasaan tombol v .......................................
|
29
|
|
3.5.10
|
Latihan penguasaan tombol n .....................................
|
29
|
|
3.5.11
|
Latihan penguasaan tombol b .....................................
|
29
|
|
3.5.12
|
Latihan penguasaan tombol c .....................................
|
30
|
|
3.5.13
|
Latihan penguasaan tombol koma ..............................
|
30
|
|
3.5.14
|
Latihan penguasaan tombol t ......................................
|
30
|
|
3.5.15
|
Latihan penguasaan tombol y .....................................
|
31
|
|
3.5.16
|
Latihan penguasaan tombol o .....................................
|
31
|
|
3.5.17
|
Latihan penguasaan tombol w ....................................
|
31
|
|
3.5.18
|
Latihan penguasaan tombol titik
.................................
|
31
|
|
3.5.19
|
Latihan penguasaan tombol
shift kiri dan kanan ..........
|
32
|
|
3.5.20
|
Latihan penguasaan tombol p .....................................
|
32
|
|
3.5.21
|
Latihan penguasaan tombol x .....................................
|
32
|
|
3.5.22
|
Latihan penguasaan tombol q .....................................
|
33
|
|
3.5.23
|
Latihan penguasaan tombol z .....................................
|
33
|
|
3.5.24
|
Latihan penguasaan angka
- angka ............................
|
33
|
|
3.5.25
|
Latihan penguasaan tanda – tanda baca ....................
|
34
|
|
3.5.26
|
Latihan mengetik cepat
...............................................
|
35
|
|
3.6
|
Tugas kegiatan belajar 2 ........................................................
|
35
|
|
3.7
|
Tes formatif kegiatan belajar 2 ................................................
|
35
|
|
DAFTAR PUSTAKA
............................................................................... 36
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image004.gif)
1.1
|
Deskripsi
|
|
|
Nama Modul :
|
Keterampilan mengetik 10 jari
|
|
Kode Kompetensi : Ruang lingkup isi :
|
TIK.OP01.001.01
• Dasar – dasar keyboard
|
o Pengertian dan
pengenalan
Keyboard
o Pemasangan Keyboard
o Fungsi dan penggunaan keyboard
• Mengetik 10 jari
Kaitan Modul : Modul ini digunakan sebagai modul awal untuk mata diklat KKPI sebelum
melanjutkan ke modul berikutnya.
Hasil yang
diharapkan
: Setelah mempelajari modul ini, peserta
didik diharapkan mampu:
a. menggunakan keyboard;
b. mengetik 10 jari dengan menggunakan keyboard.
Manfaat di
Industri
: Setelah mempelajari modul ini, peserta
didik diharapkan untuk dapat:
a. berintegrasi dengan teknologi yang telah diterapkan di industri dengan mudah;
b. melaksanakan jenis-jenis pekerjaan
yang dibutuhkan di industri;
c. mengembangkan kemampuan diri secara
mandiri untuk mengikuti perkembangan teknologi dan
informasi yang semakin pesat;
d. mengetik 10 jari dengan cepat, tepat dan efisien.
1.2 Prasyarat
Untuk mempelajari modul ini
tidak
ada
unit
kompetensi
dan pengetahuan yang harus dikuasai
sebelumnya.
1.3 Petunjuk Penggunaan Modul
Untuk peserta
didik
1. a) Bacalah modul dengan seksama, terutama bagian instruksi. b) Pahami tujuan anda
mempelajari modul, sasaran yang
diharapkan,
tingkat
penguasaan
yang
diharapkan
serta
waktu yang ditargetkan.
c)
Kerjakanlah tugas dan latihan yang terdapat di dalamnya dengan jujur tanpa melihat kunci jawaban
sebelum anda mengerjakannya.
d) Gunakan teknik membaca cepat dalam mempelajari modul. e) Laporkan kemajuan anda kepada guru / instruktur sebelum
anda
melanjutkan ke modul selanjutnya.
2. Anda diperbolehkan bertanya
kepada guru / instruktur jika dianggap perlu.
3.
Usahakan menyelesaikan setiap modul lebih cepat dari waktu yang ditetapkan
4. Jika
ada bagian yang belum anda pahami,
cobalah terlebih dahulu mendiskusikan dengan teman
yang
sedang
mengerjakan bagian yang sama, sebelum
anda bertanya pada guru / instruktur. Kalau perlu, anda harus berusaha
mencari tahu jawabannya pada sumber yang lain.
5. Tingkat pemahaman minimal yang diharapkan sebesar 70%, jika tingkat penguasaan anda kurang dari 70%, pelajari materi / bagian – bagian dari modul yang belum
anda kuasai, atau mintalah
remediasi dan saran – saran dari guru / instruktur. Ikuti ketentuan
yang berlaku dalam setiap modul
sebelum anda melanjutkan ke bagian lain atau ke modul berikutnya.
Untuk guru / instruktur
1. Guru / instruktur harus menguasai sepenuhnya isi modul dan mempunyai daftar bagian
modul
yang
mungkin
sulit bagi
peserta didik dan mempersiapkan penjelasan / jawaban yang diperlukan.
2. Guru /
instruktur harus mempunyai catatan
posisi dan kemajuan setiap peserta didik dan sekaligus
memikirkan sumber informasi lain yang dapat disarankan kepada peserta didik.
3. Guru / instruktur hendaknya dapat
meningkatkan
motivasi peserta didik setiap saat terutama bagi peserta didik yang berhasil
(memberi pujian, penghargaan, hadiah kecil, dll).
4. Sebelum memberikan verifikasi keberhasilan peserta didik, guru
/ instruktur harus
mengevaluasi keberhasilan peserta
didik dengan memberikan pertanyaan, soal,
test dan sebagainya yang telah dipersiapkan terlebih
dahulu.
5. Modul yang digunakan
oleh peserta didik harus dimulai
secara berurutan.
6. Setiap satu modul
selesai, peserta didik harus
melaporkannya kepada fasilitator dan diverifikasi oleh fasilitator melalui tes sederhana, tanya
jawab dan sebagainya.
7. Peserta didik ditugaskan untuk membuat
rangkuman setiap modul yang telah mereka pelajari.
8. Peserta didik dapat
melanjutkan ke modul berikutnya setelah
diverifikasi.
9. Bila peserta didik
dapat menyelesaikan
seluruh modul dalam satu tingkat
dengan waktu kurang dari
yang ditetapkan, maka mereka diberikan
modul pengayaan.
10. Modul ini merupakan edisi ketiga
dari edisi awal materi kurikulum 2004. Oleh karena itu,
guru / instruktur diharapkan:
a. membuat catatan rinci mengenai
kekurangan modul ini ;
b. Menambahkan materi yang dianggap lebih baik dari yang ada,
sesuai dengan kondisi
setempat.
1.4 Tujuan Akhir
Setelah mempelajari modul ini, peserta
didik diharapkan mampu:
1. memahami fungai dasar dan penggunaan keyboard
sebagai salah satu alat input;
2. mengetik 10 jari.
1.5 Cek Kemampuan
Apabila Anda dapat menjawab
seluruh soal di bawah ini, silakan
langsung mengambil unit kompetensi
selanjutnya.
1.5.1 Soal
Teori
1. Yang
dimaksud dengan keyboard adalah:
a. Alat
untuk melihat hasil ketikan b. Papan tombol ketik
c. Alat untuk mencetak
d. Program grafik
e. Kunci untuk komputer
2. Pilih
dibawah ini yang bukan jenis keyboard secara fisik:
a. Keyboard Serial
b. Keyboard Paralel c. Keyboard PS/2
d. Keyboard Wireless
e. Keyboard USB
3. Mana hal berikut yang bukan
merupakan fungsi dari
keyboard?
a. Menekan
tombol
panah
pada
keyboard untuk menggerakkan kursor
b. Menekan tombol shift untuk menempilkan huruf besar atau kecil
c. Menekan tombol esc untuk membatalkan perintah
d. Menekan tombol enter untuk menghapus hasil ketikan
e. Menekan tombol page up untuk menggulung tampilan
layar ke atas
4. Jumlah tombol numerik pada keyboard
adalah:
a. 9
b. 10
c. 11
d. 17
e. 19
5. Fungsi tombol page down adalah: a. Menggerakkan kursor ke kanan b. Menggerakkan kursor ke kiri
c. Menggerakkan kursor ke atas
d. Menggerakkan kursor ke bawah
e. Menggerakkan kursor ke samping
1.5.2 Soal Praktek
1. Ketik kalimat di bawah ini dalam waktu 5 menit dengan menggunakan 10 jari (491
karakter).
Bila Anda ingin sukses
dan berhasil membina teknik mengetik
yang baik, maka Anda memerlukan waktu yang cukup pendek hanya dengan syarat bahwa anda harus
mengikuti semua petunjuk pengajar
Anda setiap hari. Terutama pikiran
Anda harus tenang dan relax tanpa
memikirkan yang lain-lain,
pusatkanlah perhatian anda pada
naskah
yang terletak
di
meja Anda. Gerakkanlah jari-jari Anda dengan
teratur dengan kecepatan yang sama,
usahakanlah bahwa jari-jari Anda tetap pada garis pangkal.
2. Ketik
kalimat di bawah ini dalam waktu
10 menit dengan menggunakan 10 jari (1090
karakter)
Menteri Radius Prawiro
kemarin mengatakan, tekstil termasuk produk dengan siklus pendek, yaitu cepat ada pergantian jenis produk karena harus memenuhi selera itu, hasil
produksinya tidak bakal banyak menarik masyarakat konsumen.
Karena itu, pengusaha tekstil
dalam negeri harus mengadakan penelitian lapangan, untuk menentukan jenis disain yang digemari masyarakat.
Berdasarkan penelitian tersebut, perusahaan dapat membuat
disain yang paling
digemari. Tetapi situasi sekarang
ini lain, salah satu produk yang
digemari diproduksi sebanyak- banyaknya, melebihi kebutuhan.
Sehingga ketika selera konsumen berubah
mengarah ke kualitas
yang lebih bagus, maka tekstil tersebut tinggal tertumpuk tidak mampu dijual lagi.
Masalah kuantitas
dan kualitas, selain untuk pasaran dalam
negeri juga untuk ekspor. Bila kualitas tidak memenuhi syarat ekspor,
tentu tidak laku untuk dipasarkan di luar negeri. Dalam persaingan di
pasaran internasional, produsen Indonesia sebaiknya memiliki keterampilan,
teknologi tinggi serta efisiensi yang setaraf dalam berproduksi dan manajemen usaha.
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image005.gif)
2.1 Tujuan
Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang
pengertian komputer serta bagian – bagiannya. Juga akan dibahas mengenai perangkat input
komputer yang paling banyak
digunakan, yaitu keyboard.
Sebagai sebuah perangkat input,
keyboard memiliki banyak fungsi yang dijelaskan secara rinci.
Diharapkan setelah mempelajari
kegiatan belajar ini, Anda dapat
memahami jenis – jenis keyboard serta fungsi tombol – tombol
yang terdapat pada keyboard tersebut.
2.2 Organisasi Komputer
Komputer berasal dari
bahasa
latin
computare
yang berarti menghitung. Karena luasnya
bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda
dalam
mendefinisikan termininologi
komputer.
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.jpg)
• Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan
beberapa tugas sebagai
berikut:
-
menerima input;
- memproses input tadi
sesuai dengan programnya;
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan;
- menyediakan output dalam bentuk informasi.
• Sedangan Fuori [3]
berpendapat bahwa komputer adalah
suatu pemroses data yang dapat melakukan
perhitungan
besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Sistem kerja
komputer secara garis
besar terbagi atas 3 bagian,
dan seluruh bagian ini saling berkaitan
satu sama lain.
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.jpg)
INPUT DEVICE
PROCESS
DEVICE
OUTPUT DEVICE
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image009.gif)
Gambar 1.1 Bagian-bagian Komputer
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image011.jpg)
Gambar 1.2 Satu
unit komputer
• Input device atau alat masukan adalah perangkat
keras
komputer
yang berfungsi untuk
memasukkan
data
atau
perintah
ke
dalam
komputer
• Process device atau alat pemroses
adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah
yang diterima oleh alat masukan
dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output
• Output device
atau alat keluaran adalah perangkat
keras komputer yang berfungsi
untuk menampilkan
hasil yang telah diolah oleh bagian
proses
2.3 Keyboard
Penciptaan keyboard komputer
di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher
Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh
Perusahaan Remington.
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image012.gif)
Bila mendengar kata “keyboard”
maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah
komputer, karena
keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari
tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard
dalam bahasa Indonesia
artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf
A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta
tombol-tombol khusus lainnya yang
jumlah
seluruhnya
adalah
104
tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah
52
tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini
model keyboard sangat variatif.
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa
maupun mesin ketik
listrik. Nah, keyboard mempunyai
kesamaan bentuk dan fungsi
dengan mesin ketik.
Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya.
Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan
setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan
maka hasilnya langsung kita
lihat pada kertas. Tidak demikian
dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti
juga
“mouse”, keyboard
dihubungkan
ke
komputer
dengan sebuah kabel yang
terdapat
pada
keyboard.
Ujung
kabel
tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat
pada CPU komputer. Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian,
yaitu:
1. Keyboard Serial
Menggunakan DIN 5 male
dan biasanya digunakan pada komputer tipe
AT.
Gambar 1.3
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image014.jpg)
2. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang
paling banyak dipergunakan. Pemasangan
keyboard
tipe ini harus dilaksanakan dengan
cermat, sebab port
yang dimiliki sama
dengan port untuk mouse.
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image016.jpg)
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image017.gif)
3. Keyboard Wireless
Gambar 1.4
Port pada keyboard PS2 dan konektor pada motherboard
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan
kabel sebagai penghubung antara keyboard
dengan komputer. Jenis
koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan
keyboard
dengan komputer, dibutuhkan
unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya
terdapat
pada keyboard itu sendiri, sedangkan
penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
Gambar 1.5
Keyboard dan mouse wireless
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image018.jpg)
Komputer terbaru
saat ini sudah banyak
yang mempergunakan jenis konektor
USB yang menjamin
transfer data lebih cepat.
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image020.jpg)
Konektor USB
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image022.gif)
Dari sisi tombol
yang digunakan,
keyboard memiliki
perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama
kali. Yang terjadi hanyalah penambahan – penambahan beberapa tombol bantu yang
lebih mempercepat pembukaan
aplikasi program.
Secara umum, struktur
tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:
5. Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik
adalah salah satu bagian dari keyboard
yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun,
yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan
QWERTY.
6. Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard
yang berisi angka dan sangat
berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur
angkanya disusun menyerupai kalkulator
dan alat hitung lainnya.
7. Tombol
Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa
tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat
dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
8. Tombol
kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol
terhadap kursor dan layar. Tombol
yang termasuk dalam
kategori ini adalah
4
tombol
bersimbol
panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page
up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image024.gif)
Typing keys Control keys Numeric
Keypad
Gambar 1.7
Bagian – bagian keyboard
Beberapa
fungsi tombol pada keyboard terdapat pada tabel berikut
ini.
![]() |
Tombol ALT akan
berfungsi bila penggunaannya dipasangkan
dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya
yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.
|
![]() |
Tombol CTRL
akan berfungsi bila penggunaannya
dipasangkan dengan tombol lainnya
seperti tombol C atau disebut
juga CTRL-C akan berguna
untuk menyalin saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard,
yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan
CTRL-V
|
![]() |
Tombol F1 –
F12 adalah tombol fungsi yang
pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1
biasanya digunakan untuk
menampilkan menu
Help yang akan memberikan
penjelasan mengenai aplikasi yang sedang
berjalan
|
![]() |
Tombol ESC
(Escape)
adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL,
yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.
|
![]() |
Tombol Enter
adalah tombol
yang kegunaanya sama dengan
pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris
kosong atau baris baru pada proses
pemasukan text.
|
![]() |
Pada Window
dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau
daerah isian atau pilihan
berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti
lompat ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat.
|
![]() |
Menggerakan
penunjuk karakter (kursor)
sesuai arah anak panah
bersangkutan.
|
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image040.gif)
Mengetik 10 Jari
16
![]() |
Berguna pada saat proses pengetikan.
Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan
karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.
|
![]() |
Berguna pada
saat proses pengetikan. Menekan tombol Delete
akan mengakibatkan
karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.
|
![]() |
Berguna pada
saat proses pengetikan. Menekan
tombol Home akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada.
|
![]() |
Berguna pada
saat proses pengetikan. Menekan
tombol End akan mengakibatkan
kursor berpindah ke akhir
baris dimana kursor berada.
|
![]() |
Berguna pada
saat proses pengetikan. Menekan
tombol PgUp akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar
dari kursor berada
|
![]() |
Berguna pada
saat proses pengetikan. Menekan
tombol PgUp akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada
|
2.5 Rangkuman kegiatan belajar 1
• Keyboard merupakan salah satu perangkat input yang berfungsi
untuk memasukkan data secara langsung
kepada bagian proses
• Secara fisik, keyboard dapat
dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:
o Serial;
o PS2;
o Wireless;
o USB.
• Keyboard terdiri atas 4 bagian utama, yaitu:
o Typing keys;
o Numeric keypad;
o Function keys;
o Control keys.
• Tombol ketik pada keyboard terdiri atas 2 jenis, yaitu
QWERTY
dan DVORAK.
2.6 Tugas
kegiatan belajar 1
1. Diskusikan dengan
rekan Anda fungsi
utama keyboard sebagai alat input.
2. Carilah informasi
sebanyak – banyaknya mengenai jenis – jenis
keyboard, terutama dari segi desain
ergonomisnya (Silakan buka www.ilmukomputer.com, www.howstuffworks.com dan www.whatis.com ).
3. Diskusikan perbedaan antara keyboard QWERTY dan DVORAK.
4. Bukalah aplikasi word processing apa
saja (atau minta bantuan guru / instruktur anda untuk membukanya), kemudian ketik satu persatu tombol
– tombol pada keyboard, kemudian
catat dan buat rangkuman korelasi
antara penekanan tombol dengan hasil yang tampak pada layar Anda.
2.7 Tes formatif
pemelajaran 1
Selesaikan soal teori yang ada pada bagian 1 (pendahuluan)
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image053.gif)
3.1 Tujuan
Untuk apa belajar
mengetik 10 jari
apabila dengan ‘11’ jari
saja pekerjaan sehari – hari telah dapat dilakukan ?
Mungkin pertanyaan tersebut akan terlontar apabila melihat tujuan kegiatan belajar ini.
Memang seorang teknisi tidak
membutuhkan kecepatan dan
kepandaian mengetik 10 jari seperti seorang sekretaris, tetapi apabila
dihadapkan pada suatu keadaan yang
baru, dimana kecepatan merupakan sebuah tuntutan, maka mengetik 10 jari dengan cepat
dan tepat adalah sebuah keharusan.
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image055.gif)
apabila belum
memahami
dan
menguasai latihan yang saat ini dilaksanakan.
3.2 Langkah awal pemelajaran
Ketiklah kalimat dibawah
ini pada komputer di depan
Anda (silakan menggunakan word processing apa
pun, mintalah bantuan
instruktur untuk membuka aplikasi tersebut), dan hitung waktu yang Anda butuhkan
untuk mengetik keseluruhan kalimat.
Pesatnya kemajuan tneknologi informasi
dan komunikasi, disingkat TIK, atau disebut pula informatika, yang kemudian berkembang
menjadi telematika, serta meluasnya
perkembangan infrastruktur informasi
global telah mengubah pola dan cara
kegiatan bisnis, industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ekonomi
berbasis ilmu pengetahuan dan informasi
telah menjadi paradigma global
yang dominan. Kemampuan untuk terlibat secara
efektif dalam revolusi
jaringan informasi akan menentukan
masa depan kesejahteraan bangsa.
Berbagai keadaan menunjukkan bahwa Indonesia belum mampu mendayagunakan potensi
TIK secara baik, dan oleh karena itu Indonesia terancam
kesenjangan digital (digital divide).
Kesenjangan sarana dan prasarana TIK
antara kota dan pedesaan, juga memperlebar jurang perbedaan
sehingga terjadi pula digital divide di dalam negara kita sendiri.
• Hitung waktu
yang anda butuhkan untuk mengetikkan 2 paragraf di atas.
• Hitung kesalahan
kata
dan
huruf
yang
Anda
lakukan
dalam pengetikan tersebut.
• Ingin mengetik dengan lebih cepat ? Lebih akurat
? Dan
lebih
Profesional ?
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image056.gif)
3.3 Tips menggunakan keyboard
Di masa sekarang ini telah tersedia berbagai macam produk keyboard yang ditujukan agar anda
nyaman mengetik, meski dalam waktu lama. Namun
yang lebih penting
adalah bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera.
Untuk itu ada baiknya mengikuti nasehat
Stephanie Brown, seorang
guru piano asal Amerika, dalam majalah
"Her World".
"Ikutilah disiplin pemain piano yang sedang
pentas," katanya. Stephanie
memberi lima petunjuk untuk diterapkan saat anda mengetik
pada keyboard.
1. Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak
tangan
Upayakan pergelangan tangan anda selalu sejajar
dengan telapak tangan. Lemaskan
pergelangan tangan anda seperti
mengambang. Jangan tegang.
2. Posisi siku
menggantung
Pastikan siku anda
dalam
posisi
bebas
menggantung. Menyandarkan siku pada sandaran
kursi saat mengetik, selain
menyulitkan anda untuk mengetik,
juga membuat anda tegang dan cepat lelah.
3. Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda
Kunci mengetik tanpa lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari anda. Jangan kaku dan tegang. Biarkan
lemas, rileks, apa adanya.
4. Tekan
tombol dengan tenang
Jangan menekan tombol dengan kuat atau
mengalirkan kekuatan penuh pada tangan anda. Ingat, anda sedang mengetik, bukan memukul tombol keyboard.
5. Bila
tidak sedang mengetik
Lemaskan keseluruhan tangan bila sedang
tidak memencet tombol di keyboard. Keadaan anda sebelum
mengetik juga mempengaruhi kondisi anda di saat mengetik.
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image058.jpg)
3.4 Posisi
tangan pada keyboard
Secara umum,
ada 2 cara peletakan tangan pada keyboard.
3.4.1 Posisi Pertama
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image060.jpg)
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image062.jpg)
Tangan Kiri
Jari Kelingking :
|
Baris Pertama
|
=
|
‘ dan 1
|
|
Baris Kedua
Baris Ketiga
Baris Keempat Baris Kelima
|
=
=
=
=
|
Tab dan Q
Capslock dan A Shift kiri dan Z
Ctrl dan Windows
|
Jari Manis :
|
Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat
|
=
=
=
=
|
2
W S X
|
Jari Tengah :
|
Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat
|
=
=
=
=
|
3
E D C
|
Jari Telunjuk :
|
Baris Pertama Baris Kedua
Baris Ketiga Baris Keempat
|
=
=
=
=
|
4 dan 5
R dan T F dan G V dan B
|
Ibu Jari :
|
Baris Kelima
|
=
|
Alt kiri dan Spasi
|
Tangan kanan
Ibu Jari :
Jari Telunjuk :
|
Baris Kelima
Baris Pertama
|
=
=
|
Alt kanan
dan Spasi
6 dan 7
|
|
Baris Kedua
Baris Ketiga
Baris Keempat
|
=
=
=
|
Y dan U
H dan J N dan M
|
Jari Tengah :
|
Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat
|
=
=
=
=
|
8
I K
,
|
Jari Manis :
|
Baris Pertama
Baris Kedua
|
=
=
|
9
O
|
Baris Ketiga
=
L Baris Keempat = .
Jari Kelingking : Baris
Pertama = 0, -, = dan
BackSpace
Baris
Kedua = P, [ dan ]
Baris Ketiga =
, ;, ‘ dan Enter
Baris Keempat
=
/ dan shift kanan
3.4.2 Posisi Kedua
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image064.jpg)
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image066.jpg)
Tangan Kiri
Jari Kelingking :
|
Baris Pertama
|
=
|
‘ dan 1
|
|
Baris Kedua
Baris Ketiga
Baris Keempat Baris Kelima
|
=
=
=
=
|
Tab dan Q
Capslock dan A Shift kiri dan Z
Ctrl dan Windows
|
Jari Manis :
|
Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat
|
=
=
=
=
|
2 dan 3
W S X
|
Jari Tengah :
|
Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat
|
=
=
=
=
|
4
E D C
|
Jari Telunjuk :
|
Baris Pertama Baris Kedua
Baris Ketiga Baris Keempat
|
=
=
=
=
|
5 dan 6
R dan T F dan G V dan B
|
Ibu Jari :
|
Baris Kelima
|
=
|
Alt kiri dan Spasi
|
Tangan kanan
Ibu Jari :
Jari Telunjuk :
|
Baris Kelima
Baris Pertama
|
=
=
|
Alt kanan
dan Spasi
7 dan 8
|
|
Baris Kedua
Baris Ketiga
Baris Keempat
|
=
=
=
|
Y dan U
H dan J N dan M
|
Jari Tengah :
|
Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat
|
=
=
=
|
I K L
|
Jari Manis :
|
Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga
|
=
=
=
|
9
O L
|
|
Jari Kelingking
Modul ini menggunakan
cara kedua dalam proses pengetikan 10 jari.
3.5 Latihan
Dasar
Bagian ini merupakan latihan
– latihan dasar untuk mengetik 10 jari. Ikuti baik – baik
langkah – langkah yang ada pada setiap latihan. Jangan berpindah ke latihan selanjutnya apabila latihan pertama belum dikuasai
dengan baik.
3.5.1 Latihan penguasaan tombol pangkal
Garis pangkal ini adalah letak jari apabila kita meletakkan jari pada keyboard. Gerakan – gerakan jari harus
segera kembali pada posisi garis pangkal.
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image068.jpg)
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image070.jpg)
Tangan kiri: A, S, D dan F Tangan kanan: J,
K, L dan
;
Untuk melatih
penggunaan tombol pangkal,
ketiklah yang berikut masing – masing 5 baris.
ff
ff ff ff jj jj jj jj fj
fj fj jf jf
ff jj fj fj jf
jf dd dd dd kk kk kk dk
dk kd
dk dd kk
fk jd
kj jk kj ss ll ss ll ss ll sl ls ls ls js fl
fl
dl
dl ld js lf ld
aa aa ;; ;; aa aa ;; ;;
a; a; a;
aj aj aj f; ka da
ja f;
jaf faj dak kad jad dal lad sad sak kas dak
kal
jak
lak
daka kada lasa sala fasa asaf
asal sadal akal adas jala jasa lasak falak
salak
jalak fasal jasad kadal kakak jajal jakad sakal kadas
kasad
kasal
kas dadak sadak
saja
alas
jaksa ada kala; kakak ada dada;
jaksa jajal fasal
fasal
3.5.2 Latihan penguasaan tombol g
Tombol g diketik dengan jari telunjuk kiri ke arah kanan. Renggangkanlah jari telunjuk, sedangkan jari
kelingking tetap pada tempatnya.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris
fg fg gf jg gj dg kg kg sg lg ag
jg
lg
ag
jg lg sg dg gd gaf gad gal gas gaj gagak
gagad
jagad
gagal
lagak galak gaja jaga gasak
gadak
gasal
gajak
gagak
gafa
gagal
gafa
galak jagad gagal gagak sagak lagak gafal gafaj lafas gas ada gagak galak;
galak
gagak ada saja; saja gagak fasal
3.5.3 Latihan penguasaan tombol h
Tombol h diketik
dengan jari telunjuk
tangan kanan ke arah kiri. Renggangkanlah jari telunjuk, sedangkan jari kelingking tetap pada tempatnya.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
jh jh hj fh hf hk kh hd
ha
hl
sh
ah
ha
hl
hs
jah fah gah dah sah lah hal
has hak hah hag fah dah hajag gadah halal
hagal
lafah
halal
kalah
lajah
sadah
hafal hafas hajag jadah asah
gajah jaha jasad gajah akal lafal gajah salah
jagad;
kadal salah gajah; kasa jaksa
3.5.4 Latihan penguasaan tombol e
Tombol e diketik
dengan jari tengah tangan kiri ke sebelah
atas. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
de de de ed ed ed ke ek fe je
fe ge se
le
ke
se
dek
dede keke
dekdek
kedked
dedak
ledas
sedak
dedes
ledas
kekal sedah lekah gede jedah lelah gedek saleh hehe
3.5.5 Latihan penguasaan tombol i
Tombol i diketik
dengan jari tengah kanan ke sebelah atas. Ketiklah kata berikut masing –
masing 5 baris.
ki ki ki ik ik ik di di fi fi ji ji li si
is
di ki di
di
ki didi dedi
keki
sili
lisi siki didik dedik didih dedi keki lili leli sisi lidi asih gigi gigih jika alih kaki daki jikil didik didi lihai sedih siji gili
gila
hilaf
fisik
sedih
lihai
3.5.6 Latihan penguasaan tombol r
Tombol r diketik
dengan jari telunjuk kiri rapat ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
fr fr
fr rf rf rf jr jr
rj
rj gr
gr rg rg rh
kr dr sr
fir fer ker
lir
sir ser ler
air
lari
kari
kiri dari kiri
rid raki rika geri heri
jeri feri seri lira
sari deras
jari
deras
era eri geri
risa
riri
kera
dera liar
riak
rial rias
rere eri
3.5.7 Latihan penguasaan tombol u
Tombol u diketik
dengan jari telunjuk
kanan ke atas. Ketiklah kata berikut masing –
masing 5 baris.
ju ju
ju uj
uj uj fu fu
uf gu ug
hu
uh du
lu
ul
sul juju fuju guju
huju kuku duduk susu lusu
suku
ujuk
juri
ujud sujud
kuah
sauh
guruh deru jeruk deruh ragu sagu deru saku laku
kaku
siku
rusak luas kura lagu salju gusi
3.5.8 Latihan penguasaan tombol m
Tombol m diketik
dari jari telunjuk
kanan rapat ke sebelah
bawah.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
jm jm jm mj mj mj
fm
mf
dm md km mk ms
im sm am mia mie mis mid mif mud mur
muak muka
rame rumah jama jamu jemu
mimis
mila mimic demi semir mile limau ramah samak lemak
mika, gama jamak
maka mamuk
3.5.9 Latihan penguasaan tombol v
Tombol v diketik
dengan jari telunjuk kiri ke
bawah. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
fv fv
fv vf vf vf hv vh fv
fv iv vi dv vd
vk kv
vl
vur vir val vak vaf vakir vas vava
vasir
luv vul vuvur viva vuvu vulva vis vulva
vikda
vules
veksi
viksa
vulva
veve
gavur haver juvel livak kurva
larva serva vivi vasu suva
3.5.10 Latihan penguasaan tombol n
Tombol n diketik dengan jari telunjuk
kanan direnggangkan ke
bawah.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
jn jn jn nj nj nj
jan nam
jin jen nevl
neni
nina
nini nana makan nian
deni
senian
anin
nian
mian
nisah
ninah
gung gunung
junan
fanni
nisan
hiasan
human
nunuk
nava
niur sana
sini
mina
vandal
mannen
nama
nenek
nanu
niru
3.5.11 Latihan penguasaan tombol b
Tombol b diketik
dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke bawah.
Ketiklah kata berikut
masing – masing 5 baris.
fb fb fb bf bf bf jb bj bk bal
lab bas buk bek bikin
bubuk baba babi bibi bebek lubuk kubu bubur dubur bulu baris bala baker
badu
babi
basi
bari
bisul
beruk
babak
bani bakmi
bendi
badak
barak
benak
bivak
beruk
busuk
3.5.12 Latihan penguasaan tombol c
Tombol c diketik
dengan jari tangan tengah kiri ke sebelah bawah.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
dc dc dc
ce
cd cd kc
ck jc ic
cl ch gc
cg
cd cece cuka ceki
cucu caca
cici cari cicil curi
ceri carilah cadu cuad cecis nacis leces lecet licu macu baca ceceb
3.5.13 Latihan penguasaan tombol koma
Tombol koma diketik
dengan jari tengah kanan ke sebelah
bawah.
Ketiklah kata berikut
masing – masing 5 baris.
cucu nenek, anak
ibu, adik
kakek, lurah, cucu,
nenek,
ibu,
anak, adik, sama, jani, gajah,
macan, rusa,
camar, kejam,
3.5.14 Latihan penguasaan tombol t
Tombol t diketik
dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke sebelah atas.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
ft ft
ft tf
tf
tf
ft
tf
lt tl st nt mt tm tn ts st tm
fit tek tak
tuk tika
teri
tiku timun
teriak
tarik
titi tek taci tecu
tacu taji
tareh
atgi timun tinggi titing
tuti
seriti sarut
tuan
tutu
tajah ganti setuju catu sarut tuka
3.5.15 Latihan penguasaan tombol y
Tombol y diketik
dengan jari telunjuk kanan direnggangkan ke sebelah atas.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
jy jy yj yj hy yh fy yf
yt yt ty uy
yu
yhj yhy juy kuy
yeni yuyu
yareh
yety
jaya raya
saya daya kayu layu
yati gayu
hayu
masayu
dayan citayan cilamaya
sayur
yari
3.5.16 Latihan penguasaan tombol o
Tombol o diketik dengan jari manis kanan ke
atas. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
lo lo lo so so ko ok do fo jo ho so lo co
to
vo
lo
lolo sono olo solo kodok rokok
totok
golok
holo
alo
elok
olok ojak
okumeno
bodoh
jorok gado cocok odek reok otak olah solo
Volvo
oyak
yoyo
yono
tono
otak
olah solo
3.5.17 Latihan penguasaan tombol w
Tombol w diketik
dengan jari manis kiri ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
sw sw sw ws ws lw lws sws lws cow woll loww soww woll wall which
saw
was
who
which
what who cow wall
wolf waht which saw was
twi two town khow
down
jewells giwang hawa mawas sawa ketawa sawo mawar
3.5.18 Latihan penguasaan tombol titik
Tombol titik diketik dengan jari manis kanan ke bawah.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
ll. s. ol.
sw.
ll. ss. sws.
lolo.
so. los.
kaos.
lolos. hari ini cocok untuk ia bermain. sedang
kemarin ia tidak tidur hari
ini untuk bermain. sedang kemarin
ia tidak cocok saja.
yathy sakit hari ini. sebab itu ia tidak masuk sekolah hari
ini.
3.5.19 Latihan penguasaan tombol shift kiri dan kanan
Apabila jari tangan kanan mengetik,
maka tombol shift kiri yang ditekan, sedangkan apabila
jari tangan kiri yang mengetik,
maka tombol shift kanan yang ditekan.
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
Juni, Korma, Lerry, Itik, Musa, Harry,
Unu,
Noyo, Juni, Ferry, Gajah, Dick, Sulaiman, Agustus, Gurry, Bakar, Dock,
3.5.20 Latihan penguasaan tombol p
Tombol p diketik
dengan jari kelingking kanan ke atas. Ketiklah kata berikut masing –
masing 5 baris.
pp ap
sp
dp
fp
lp
kp gp tp cp up mp ap wp pp
ap apa papa panam
palu
paku
pasar
patal
pagar
pagi
papa
papan gapur cipa yapa peri pakta pastor pondok pantun
japan gapur cipa yapa copot
bapak pispot wingpt panu
Padi menguning,
pastor
membaca, Phospor bahan kimia
3.5.21 Latihan
penguasaan tombol x
Tombol x diketik dengan jari manis kiri ke
bawah. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
sx sx sx
xs xs xs lx
xl dx xd fx
kx
xk wx
xw kx max nes lex dex telex
xenon
ex
donex
maxy
sexy
xeres
exec laxi maxi
taxi
rotax
xixi xuci telex
six taxi laxi cixi
3.5.22 Latihan penguasaan tombol q
Tombol q diketik
dengan jari kelingking kiri ke atas. Ketiklah
kata berikut masing – masing 5 baris.
aq aq aq
qa
qa
jq qj
kq
qk
bq qv
cq
xq tq
rq quin qoqo qaqa Qantas
qanqan
qimpu
quker
quares
qoqo
Conqueror makan Quakeer, Queen dinobatkan pada hari ini.
3.5.23 Latihan penguasaan tombol z
Tombol z diketik
dengan jari kelingking kiri ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
az az az za za za zz
za
az kz dz zd iz
wz
qz zq
iz
taz zat zar zul zone
zigzag zamzam zone zitzit zaszas zat
Ijazah, Zone,
Zigzag,
Zamzam, Zulkarnaen, Zulham, Zone.
3.5.24 Latihan
penguasaan angka – angka
Pengetikan angka – angka ini perlu mendapat perhatian
yang serius karena tata letak tombol yang agak sukar.
Angka 1
: dengan jari kelingking kiri ke atas
Angka 2 : dengan jari manis kiri ke atas Angka 3 : dengan jari tengah kiri ke atas
Angka 4 : dengan jari telunjuk kiri ke atas Angka 5 : dengan jari telunjuk
kiri ke atas Angka 6 : dengan jari telunjuk kanan ke atas Angka 7 : dengan jari telunjuk
kanan ke atas Angka 8 : dengan jari tengah kanan ke atas
Angka 9 : dengan jari manis kanan ke atas
Angka 0 : dengan jari kelingking kanan ke atas
Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
a1 a1 a1 1a 1a 1a q1z s1s a1 a1
z1
1z
11
a1
11
s1
Saya perlu telor 11 butir untuk 1 minggu.
S2 S2 w2 x2
12
c2
s2
w2 12 s2 w2 12 k2 d2 f2
s2 12 d3 d3 e3 e3 d3 de3 dc3 cd3 ce3 ce3 kd3 fr3 gr3 de3
Ayah mempunyai cucu
sebanyak 3 orang.
y4 y4 y4
4y rr4 f4b
f4m
4fm 4ry y4r y4
c4
f5 f5 5f
5f
5f f5v
f5g
5g5
55ff
5f f4g gg4
5f5
f5
Rokok 55 express
buatan London.
j6 j6j y6y j6m j6u
6j6
6u6
6un
h6y y6y
6yh
6yn
6ym j6 j6j j6u 6j6 6u6 6um h6y y6y 6yh 6yn 6ym 6ym 6y6
Dalam tahun tertentu
banyaknya hari 366 hari.
J7 j7j
ju7
jm7
yu7 7un
ju7
u7j j7j
7j7
j7j 7uj 7uj
Satu minggu banyaknya 7 hari, Jam Titus 77 batu.
k8 k8k 8k8
ki8
dk8
8ki 88k
8d8
8dk
d8i
dk8
88i
l9 l9l 99 lo9
sl9
sl9
l9l
99s oo9
ll9
9l9
o9o ao9 9ol
1a 10 100
010
1p
p1
p0 001
0p1
101
000
0p
p1
3.5.25 Latihan
penguasaan tanda – tanda baca
Untuk tanda – tanda baca yang letaknya terdapat di sebelah atas angka – angka, diketik dengan menekan tombol shift kiri atau
kanan dan selanjutnya
menekan tombol
angka yang sesuai.
Untuk tanda
–
tanda
baca
yang
terletak
di
sebelah
kanan,
diketik dengan menggunakan jari kelingking kanan.
Tanda kurang dapat digunakan juga sebagai
garis pemisah. Ketiklah kata
berikut masing – masing 5 baris.
PT. “SRIWIJAWA LINES”
Jalan Andalas 5, Jambi.
5% dari 10.000 kg = 500 kg
L = Pound Sterling adalah mata uang Inggris.
$ = Dollar adalah mata uang USA.
(Dr.Ir.Gatot Hari Priowirjanto); Direktur
Dikmenjur Depdiknas
Jakarta
3.5.26 Latihan mengetik
cepat
Ketiklah kalimat
– kalimat di bawah ini dalam waktu 5 menit
(100 hentakan
per – menit).
mantu kemu manuk
maman mimic merah
majang molor mantu nina nunung ninna nuri nori kami kenan
kemari kenduri norma badu makan nasi tiap hari dan
adiknya baru besuk orang sakit bandi
selalu pergi ke pasar malam tiap hari
membawa ban sepeda cocok cucu cetil coba cabing ascaris cari cerita cicak cela
cebe lombok cantik xermon texas taxi maxi express
volavo vulva vandel vivere veri coloso vasco dagama azan wazir bravo the quick bravo
zarah azam azar vas bunga layu lemah gemulai
tenang tidur siang
3.6 Tugas
kegiatan belajar 2
1. Tuliskan alasan mengapa Anda memilih
program keahlian pada
SMK yang
saat ini Anda geluti.
Tulis esai tersebut
dengan mengetik pada komputer
Anda menggunakan metode 10 jari. Panjang tulisan antara 900 sampai 1000 karakter. Kerjakan dalam waktu maksimal
10 menit.
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image072.gif)
Tuliskan pada komputer
dengan metode mengetik 10 jari, jumlah karakter
500 -
600 dan waktu kurang dari 5 menit.
3.7 Tes
formatif kegiatan belajar
2
Selesaikan soal praktek yang
ada pada bagian 1 (pendahuluan)
![](file:///C:/Users/FEPRIS~1/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image073.gif)
DAFTAR PUSTAKA
M. Situmeang, Drs, Pelajaran Mengetik 10 Jari, Karya Utama, Jakarta, Indonesia, 1999.
Khalid Mustafa, Langkah Mudah Merakit
& Membangun Jaringan
Komputer, Coraq Press, Makassar, Sulawesi
Selatan, 2004.
0 comments