Tuesday, 1 March 2016

CARA MENGETIK 10 JARI




MENGETIK
1O JARI







EDISI III - 2005











MATA DIKLAT : KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI


PROGRAM KEAHLIAN : SEMUA PROGRAM KEAHLIAN










DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN


2005






KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI


EDISI III- 2005



                                          DAFTAR ISI



DAFTAR ISI  ...........................................................................................        3

1      PENDAHULUAN ............................................................................        5

1.1
Deskripsi ..................................................................................
5
1.2
Prasyarat .................................................................................
6
1.3
Petunjuk Penggunaan Modul ...................................................
6
1.4
Tujuan Akhir .............................................................................
7
1.5
Cek Kemampuan .....................................................................
8

1.5.1  Soal Teori  .....................................................................
8

1.5.2  Soal Praktek  .................................................................
9

2      KEGIATAN BELAJAR  1  ................................................................      10

2.1
Tujuan .....................................................................................
10
2.2
Organisasi Komputer  .............................................................
10
2.3
Keyboard  ...............................................................................
12
2.4
Struktur tombol pada keyboard  ..............................................
14
2.5
Rangkuman kegiatan belajar 1  ..............................................
17
2.6
Tugas kegiatan belajar 1 .........................................................
18
2.7
Tes formatif kegiatan belajar 1 ................................................
18

3      KEGIATAN BELAJAR  2  ...............................................................      19

3.1
Tujuan .....................................................................................
19
3.2
Langkah awal pemelajaran .....................................................
19
3.3
Tips menggunakan keyboard  .................................................
20
3.4
Posisi tangan pada keyboard ..................................................
22

3.4.1  Posisi pertama  .............................................................
22

3.4.2  Posisi kedua  .................................................................
24
3.5
Latihan Dasar        ...................................................................
26
3.5.1
Latihan penguasaan tombol pangkal ............................
26
3.5.2
Latihan penguasaan tombol g .......................................
27
3.5.3
Latihan penguasaan tombol h .......................................
27
3.5.4
Latihan penguasaan tombol e .......................................
27
3.5.5
Latihan penguasaan tombol i ........................................
28
3.5.6
Latihan penguasaan tombol r ........................................
28
3.5.7
Latihan penguasaan tombol u .......................................
28
3.5.8
Latihan penguasaan tombol m ......................................
29
3.5.9
Latihan penguasaan tombol v .......................................
29




3.5.10
Latihan penguasaan tombol n .....................................
29
3.5.11
Latihan penguasaan tombol b .....................................
29
3.5.12
Latihan penguasaan tombol c .....................................
30
3.5.13
Latihan penguasaan tombol koma ..............................
30
3.5.14
Latihan penguasaan tombol t ......................................
30
3.5.15
Latihan penguasaan tombol y .....................................
31
3.5.16
Latihan penguasaan tombol o .....................................
31
3.5.17
Latihan penguasaan tombol w ....................................
31
3.5.18
Latihan penguasaan tombol titik .................................
31
3.5.19
Latihan penguasaan tombol shift kiri dan kanan ..........
32
3.5.20
Latihan penguasaan tombol p .....................................
32
3.5.21
Latihan penguasaan tombol x .....................................
32
3.5.22
Latihan penguasaan tombol q .....................................
33
3.5.23
Latihan penguasaan tombol z .....................................
33
3.5.24
Latihan penguasaan angka - angka ............................
33
3.5.25
Latihan penguasaan tanda tanda baca ....................
34
3.5.26
Latihan mengetik cepat ...............................................
35
3.6
Tugas kegiatan belajar  2 ........................................................
35
3.7
Tes formatif kegiatan belajar 2 ................................................
35


DAFTAR PUSTAKA  ...............................................................................      36



1. PENDAHULUAN


1.1

Deskripsi



Nama Modul            :

Keterampilan mengetik 10 jari

Kode Kompetensi   : Ruang lingkup isi     :
TIK.OP01.001.01

•   Dasar dasar keyboard
o Pengertian dan pengenalan
Keyboard
o Pemasangan Keyboard
o Fungsi dan penggunaan keyboard
•   Mengetik 10 jari

Kaitan Modul           :    Modul ini digunakan sebagai modul awal untuk mata diklat KKPI sebelum melanjutkan ke modul berikutnya.



Hasil yang diharapkan

:     Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan mampu:
a.  menggunakan keyboard;
b.  mengetik 10 jari dengan menggunakan keyboard.








Manfaat di
Industri

:     Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat:
a.  berintegrasi dengan teknologi yang telah diterapkan di industri dengan mudah;
b.  melaksanakan jenis-jenis pekerjaan yang dibutuhkan di industri;
c.  mengembangkan kemampuan diri secara mandiri untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat;
d.  mengetik 10 jari dengan cepat, tepat dan efisien.



1.2     Prasyarat


Untuk  mempelajari  modul  ini  tidak  ada  unit  kompetensi  dan pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya.


1.3     Petunjuk Penggunaan Modul


Untuk peserta didik

1.  a)  Bacalah modul dengan seksama, terutama bagian instruksi. b)  Pahami  tujuan  anda  mempelajari  modul,  sasaran  yang
diharapkan,  tingkat  penguasaan  yang  diharapkan  serta
waktu yang ditargetkan.
c)  Kerjakanlah tugas dan latihan yang terdapat di dalamnya dengan jujur tanpa melihat kunci jawaban sebelum anda mengerjakannya.
d)  Gunakan teknik membaca cepat dalam mempelajari modul. e)  Laporkan kemajuan anda kepada guru / instruktur sebelum
anda melanjutkan ke modul selanjutnya.
2. Anda diperbolehkan bertanya kepada guru / instruktur jika dianggap perlu.
3.  Usahakan menyelesaikan setiap modul lebih cepat dari waktu yang ditetapkan
4. Jika ada bagian yang belum anda pahami, cobalah terlebih dahulu                  mendiskusikan     dengan     teman     yang     sedang mengerjakan bagian yang sama, sebelum anda bertanya pada guru / instruktur. Kalau perlu, anda harus berusaha mencari tahu jawabannya pada sumber yang lain.
5.  Tingkat pemahaman minimal yang diharapkan sebesar 70%, jika tingkat penguasaan anda kurang dari 70%, pelajari materi / bagian bagian dari modul yang belum anda kuasai, atau mintalah remediasi dan saran – saran dari guru / instruktur. Ikuti ketentuan yang berlaku dalam setiap modul sebelum anda melanjutkan ke bagian lain atau ke modul berikutnya.



Untuk guru / instruktur

1.  Guru / instruktur harus menguasai sepenuhnya isi modul dan mempunyai  daftar  bagian  modul  yang  mungkin  sulit  bagi



peserta didik dan mempersiapkan penjelasan / jawaban yang diperlukan.

2.  Guru / instruktur harus mempunyai catatan posisi dan kemajuan setiap peserta didik dan sekaligus memikirkan sumber informasi lain yang dapat disarankan kepada peserta didik.

3.  Guru  /  instruktur  hendaknya  dapat  meningkatkan  motivasi peserta didik setiap saat terutama bagi peserta didik yang berhasil (memberi pujian, penghargaan, hadiah kecil, dll).

4.  Sebelum memberikan verifikasi keberhasilan peserta didik, guru
/ instruktur harus mengevaluasi keberhasilan peserta didik dengan  memberikan  pertanyaan,  soal,  test  dan  sebagainya yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.

5.  Modul yang digunakan oleh peserta didik harus dimulai secara berurutan.

6.  Setiap satu modul selesai, peserta didik harus melaporkannya kepada fasilitator dan diverifikasi oleh fasilitator melalui tes sederhana, tanya jawab dan sebagainya.

7. Peserta didik ditugaskan untuk membuat rangkuman setiap modul yang telah mereka pelajari.

8.  Peserta didik dapat melanjutkan ke modul berikutnya setelah diverifikasi.

9.  Bila peserta didik dapat menyelesaikan seluruh modul dalam satu tingkat dengan waktu kurang dari yang ditetapkan, maka mereka diberikan modul pengayaan.

10. Modul  ini  merupakan  edisi  ketiga  dari  edisi  awal  materi kurikulum 2004. Oleh karena itu, guru / instruktur diharapkan:

a.  membuat catatan rinci mengenai kekurangan modul ini ;

b.  Menambahkan materi yang dianggap lebih baik dari yang ada, sesuai dengan kondisi setempat.


1.4     Tujuan Akhir

Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan mampu:

1.  memahami fungai dasar dan penggunaan keyboard sebagai salah satu alat input;

2.  mengetik 10 jari.



1.5     Cek Kemampuan
Apabila Anda dapat menjawab seluruh soal di bawah ini, silakan langsung mengambil unit kompetensi selanjutnya.

1.5.1  Soal Teori

1.  Yang dimaksud dengan keyboard  adalah:
a.  Alat untuk melihat hasil ketikan b.  Papan tombol ketik
c.  Alat untuk mencetak d.  Program grafik
e.  Kunci untuk komputer

2.  Pilih dibawah ini yang bukan jenis keyboard secara fisik:
a.  Keyboard Serial b.  Keyboard Paralel c.  Keyboard PS/2
d.  Keyboard Wireless e.  Keyboard USB

3.  Mana hal berikut yang bukan merupakan fungsi dari
keyboard?
a.  Menekan   tombol   panah   pada   keyboard   untuk menggerakkan kursor
b.  Menekan tombol shift untuk menempilkan huruf besar atau kecil
c.  Menekan tombol esc untuk membatalkan perintah
d.  Menekan tombol enter untuk menghapus hasil ketikan e.  Menekan tombol page up untuk menggulung tampilan
layar ke atas

4.  Jumlah tombol numerik pada keyboard adalah:
a.  9 b.  10 c.  11 d.  17 e.  19

5.  Fungsi tombol page down adalah: a.  Menggerakkan kursor ke kanan b.  Menggerakkan kursor ke kiri
c.  Menggerakkan kursor ke atas



d.  Menggerakkan kursor ke bawah
e.  Menggerakkan kursor ke samping

1.5.2  Soal Praktek

1.  Ketik  kalimat  di  bawah  ini  dalam  waktu  5  menit  dengan menggunakan 10 jari (491 karakter).


Bila Anda ingin sukses dan berhasil membina teknik mengetik yang baik, maka Anda memerlukan waktu yang cukup pendek hanya dengan syarat bahwa anda harus mengikuti semua petunjuk pengajar Anda setiap hari.  Terutama pikiran Anda harus tenang dan relax tanpa memikirkan yang lain-lain, pusatkanlah  perhatian  anda  pada  naskah  yang  terletak  di meja Anda. Gerakkanlah jari-jari Anda dengan teratur dengan kecepatan yang sama, usahakanlah bahwa jari-jari Anda tetap pada garis pangkal.


2.  Ketik kalimat di bawah ini dalam waktu 10 menit dengan menggunakan 10 jari (1090 karakter)


Menteri Radius Prawiro kemarin mengatakan, tekstil termasuk produk dengan siklus pendek, yaitu cepat ada pergantian jenis produk karena harus memenuhi selera itu, hasil produksinya tidak bakal banyak menarik masyarakat konsumen.
Karena itu, pengusaha tekstil dalam negeri harus mengadakan penelitian lapangan, untuk menentukan jenis disain yang digemari masyarakat. Berdasarkan penelitian tersebut, perusahaan dapat membuat disain yang paling digemari. Tetapi situasi sekarang ini lain, salah satu produk yang digemari diproduksi sebanyak- banyaknya, melebihi kebutuhan. Sehingga ketika  selera  konsumen  berubah  mengarah  ke  kualitas  yang lebih bagus, maka tekstil tersebut tinggal tertumpuk tidak mampu dijual lagi.
Masalah kuantitas dan kualitas, selain untuk pasaran dalam negeri juga untuk ekspor. Bila kualitas tidak memenuhi syarat ekspor, tentu tidak laku untuk dipasarkan di luar negeri.  Dalam persaingan di pasaran internasional, produsen Indonesia sebaiknya memiliki keterampilan, teknologi tinggi serta efisiensi yang setaraf dalam berproduksi dan manajemen usaha.


2. KEGIATAN BELAJAR 1



2.1   Tujuan

Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang pengertian komputer serta bagian – bagiannya. Juga akan dibahas mengenai perangkat   input   komputer   yang   paling   banyak   digunakan,   yaitu keyboard.
Sebagai sebuah perangkat input, keyboard memiliki banyak fungsi yang dijelaskan secara rinci.
Diharapkan setelah mempelajari kegiatan belajar ini, Anda dapat memahami jenis – jenis keyboard serta fungsi tombol – tombol yang terdapat pada keyboard tersebut.

2.2   Organisasi Komputer

Komputer    berasal   dari   bahasa   latin   computare   yang   berarti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan            peneliti   sediki berbeda   dalam   mendefinisikan   termininologi komputer.

•           Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.


        Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
-    menerima input;
-    memproses input tadi sesuai dengan programnya;
-    menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan;
-    menyediakan output dalam bentuk informasi.

•           Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.


Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.




INPUT DEVICE

PROCESS DEVICE

OUTPUT DEVICE



Gambar 1.1  Bagian-bagian Komputer
Gambar 1.2  Satu unit komputer


     Input  device  atau  alat  masukan  adalah  perangkat  keras  komputer yang             berfungsi  untuk  memasukkan  data  atau  perintah  ke  dalam komputer

     Process device atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output



     Output device   atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses


2.3   Keyboard

Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.

Bila mendengar kata keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah
komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol  untuk  mengetikkan  kalimat  dan  simbol-simbol  khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan  tombol  jari  atau  papan  tombol.  Pada  keyboard  terdapat tombol-tombol huruf A Z, a z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; \ | serta tombol-tombol  khusus  lainnya  yang  jumlah  seluruhnya  adalah  104 tombol.  Sedangkan  pada  Mesin  ketik  jumlah  tombolnya  adalah  52 tombol.  Bentuk  keyboard  umumnya  persegi  panjang,  tetapi  saat  ini model keyboard sangat variatif.
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun  mesin  ketik  listrik.  Nah,  keyboard  mempunyai  kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik.  Perbedaannya  terletak  pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya.  Seperti  juga  mouse,  keyboard  dihubungkan  ke  komputer


dengan  sebuah  kabel  yang  terdapat  pada  keyboard.  Ujung  kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer. Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:

1.     Keyboard Serial

Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.



Gambar 1.3
Port pada keyboard serial



2.     Keyboard PS/2

Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan  dengan  cermat,  sebab  port    yang  dimiliki  sama dengan port untuk mouse.









3.     Keyboard Wireless







Gambar 1.4

Port pada keyboard PS2 dan konektor pada motherboard



Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk  menghubungkan  keyboard  dengan  komputer,  dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat






pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.





Gambar 1.5

Keyboard dan mouse wireless






4.  Keyboard USB

Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor   USB yang menjamin transfer data lebih cepat.





Gambar 1.6

Konektor USB








2.4   Struktur tombol pada keyboard

Dari  sisi  tombol  yang  digunakan,  keyboard  memiliki  perkembangan yang tidak       terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan –     penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.

Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4,  yaitu:

5.     Tombol Ketik (typing keys)

Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.






Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.

6.     Numeric Keypad

Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur   angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.

7.     Tombol Fungsi (Function Keys)

Tahun 1986, IBM menambahkan  beberapa  tombol  fungsi  pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.

8.     Tombol kontrol (Control keys)

Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang  termasuk  dalam  kategori  ini  adalah  4  tombol  bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).


Function keys




















Typing keys                               Control keys                                 Numeric Keypad

Gambar 1.7
Bagian bagian keyboard






Beberapa fungsi tombol pada keyboard terdapat pada tabel berikut ini.






Tombol ALT akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.







Tombol CTRL akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRL-C akan berguna untuk menyalin saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang    ditentukan    dengan    menggunakan
CTRL-V





Tombol F1 F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan


Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan  CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.



Tombol Enter  adalah  tombol  yang kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text.


Pada Window dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti  lompat  ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat.



Menggerakan   penunjuk   karakter   (kursor)
sesuai arah anak panah bersangkutan.



Mengetik 10 Jari                                                                                                                         16







Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.

Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Delete akan mengakibatkan karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.


Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Home akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol End akan mengakibatkan kursor   berpindah   ke   akhir   baris   dimana kursor berada.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol PgUp akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol PgUp akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada



2.5   Rangkuman kegiatan belajar 1


        Keyboard merupakan salah satu perangkat input yang berfungsi untuk memasukkan data secara langsung kepada bagian proses

•     Secara fisik, keyboard dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

o Serial;
o PS2;
o Wireless;
o USB.

•     Keyboard terdiri atas 4 bagian utama, yaitu:

o Typing keys;
o Numeric keypad;






o Function keys;
o Control keys.

•     Tombol ketik pada keyboard terdiri atas 2 jenis, yaitu QWERTY
dan DVORAK.



2.6   Tugas kegiatan belajar 1

1.      Diskusikan dengan rekan Anda fungsi utama keyboard sebagai alat input.

2.      Carilah informasi sebanyak banyaknya mengenai jenis jenis keyboard, terutama dari segi desain ergonomisnya (Silakan buka www.ilmukomputer.com,            www.howstuffworks.com           dan www.whatis.com ).

3.     Diskusikan perbedaan antara keyboard QWERTY dan DVORAK.

4.      Bukalah aplikasi word processing apa saja (atau minta bantuan guru / instruktur anda untuk membukanya), kemudian ketik satu persatu tombol – tombol pada keyboard, kemudian catat dan buat rangkuman korelasi antara penekanan tombol dengan hasil yang tampak pada layar Anda.



2.7   Tes formatif pemelajaran 1

Selesaikan soal teori yang ada pada bagian 1 (pendahuluan)






3.  KEGIATAN BELAJAR 2



3.1   Tujuan
Untuk  apa  belajar  mengetik  10  jari  apabila  dengan  ‘11’  jari  saja pekerjaan sehari hari telah dapat dilakukan ?
Mungkin pertanyaan tersebut akan terlontar apabila melihat tujuan kegiatan belajar ini.

Memang  seorang  teknisi  tidak  membutuhkan  kecepatan  dan kepandaian mengetik 10 jari seperti seorang sekretaris, tetapi apabila dihadapkan pada suatu keadaan yang baru, dimana kecepatan merupakan sebuah tuntutan, maka mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat adalah sebuah keharusan.

Kegiatan belajar 2 ini menekankan kepada dasar-dasar mengetik 10 jari yang dilengkapi dengan latihan untuk  setiap tombol yang ada pada keyboard. Setiap latihan hendaknya dapat diikuti secara penuh dan bertahap.  Jangan  melangkah  ke  latihan  berikutnya
apabila  belum  memahami  dan  menguasai  latihan yang saat ini dilaksanakan.

3.2   Langkah awal pemelajaran
Ketiklah kalimat dibawah ini pada komputer di depan
Anda (silakan menggunakan word processing apa
pun, mintalah bantuan instruktur untuk membuka aplikasi tersebut), dan hitung waktu yang Anda butuhkan untuk mengetik keseluruhan kalimat.

Pesatnya kemajuan tneknologi informasi dan komunikasi, disingkat TIK, atau disebut pula informatika, yang kemudian berkembang menjadi telematika, serta meluasnya perkembangan infrastruktur informasi global telah mengubah pola dan cara kegiatan bisnis, industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan dan informasi telah  menjadi  paradigma  global  yang  dominan.  Kemampuan untuk  terlibat  secara  efektif  dalam  revolusi  jaringan  informasi akan menentukan masa depan kesejahteraan bangsa.

Berbagai keadaan menunjukkan bahwa Indonesia belum mampu  mendayagunakan  potensi  TIK  secara  baik,  dan  oleh karena itu Indonesia terancam kesenjangan digital (digital divide). Kesenjangan sarana dan prasarana TIK antara kota dan pedesaan, juga memperlebar jurang perbedaan sehingga terjadi pula digital divide di dalam negara kita sendiri.






        Hitung waktu yang anda butuhkan untuk mengetikkan 2 paragraf di atas.
        Hitung  kesalahan  kata  dan  huruf  yang  Anda  lakukan  dalam pengetikan tersebut.

•     Ingin mengetik dengan  lebih  cepat ?  Lebih  akurat ?  Dan  lebih
Profesional ?






Silakan meneruskan mempelajari dan mempraktekkan latihan di modul ini








3.3   Tips menggunakan keyboard


Di masa sekarang ini telah tersedia berbagai macam produk keyboard yang ditujukan agar anda nyaman mengetik, meski dalam waktu lama. Namun yang lebih penting adalah bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera.

Untuk itu ada baiknya mengikuti nasehat Stephanie Brown, seorang guru piano asal Amerika, dalam majalah "Her World". "Ikutilah disiplin pemain piano yang sedang pentas," katanya. Stephanie memberi lima petunjuk untuk diterapkan saat anda mengetik pada keyboard.

1.     Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan

Upayakan pergelangan tangan anda selalu sejajar dengan telapak tangan. Lemaskan  pergelangan  tangan  anda  seperti mengambang. Jangan tegang.

2.     Posisi siku menggantung

Pastikan     siku    anda    dalam    posisi    bebas    menggantung. Menyandarkan  siku  pada  sandaran  kursi  saat  mengetik,  selain






menyulitkan anda untuk mengetik, juga membuat anda tegang dan cepat lelah.

3.     Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda

Kunci mengetik tanpa lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari anda. Jangan kaku dan tegang. Biarkan lemas, rileks, apa adanya.

4.     Tekan tombol dengan tenang

Jangan menekan tombol dengan kuat atau mengalirkan kekuatan penuh pada tangan anda. Ingat, anda sedang mengetik, bukan memukul tombol keyboard.

5.     Bila tidak sedang mengetik

Lemaskan keseluruhan tangan bila sedang tidak memencet tombol di  keyboard. Keadaan  anda  sebelum  mengetik  juga mempengaruhi kondisi anda di saat mengetik.












3.4   Posisi tangan pada keyboard


Secara umum, ada 2 cara peletakan tangan pada keyboard.



3.4.1    Posisi Pertama









Tangan Kiri

Jari Kelingking                 :



Baris Pertama



=



‘ dan 1

Baris Kedua
Baris Ketiga Baris Keempat Baris Kelima
=
=
=
=
Tab dan Q
Capslock dan A Shift kiri dan Z
Ctrl dan Windows

Jari Manis                        :

Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat

=
=
=
=

2
W S X

Jari Tengah                     :

Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat

=
=
=
=

3
E D C

Jari Telunjuk                    :

Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat

=
=
=
=

4 dan 5
R dan T F dan G V dan B

Ibu Jari                            :

Baris Kelima

=

Alt kiri dan Spasi


Tangan kanan
Ibu Jari                            : Jari Telunjuk                    :



Baris Kelima

Baris Pertama



=

=



Alt kanan dan Spasi

6 dan 7

Baris Kedua
Baris Ketiga
Baris Keempat
=
=
=
Y dan U
H dan J N dan M

Jari Tengah                     :

Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat

=
=
=
=

8
I K
,

Jari Manis                        :

Baris Pertama
Baris Kedua

=
=

9
O






Baris Ketiga           L Baris Keempat       .
Jari Kelingking                 :    Baris Pertama       0, -, = dan
BackSpace
Baris Kedua           P, [ dan ]
Baris Ketiga           , ;, dan Enter
Baris Keempat       / dan shift kanan

3.4.2    Posisi Kedua












Tangan Kiri

Jari Kelingking                 :



Baris Pertama



=



‘ dan 1

Baris Kedua
Baris Ketiga Baris Keempat Baris Kelima
=
=
=
=
Tab dan Q
Capslock dan A Shift kiri dan Z
Ctrl dan Windows

Jari Manis                        :

Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat

=
=
=
=

2 dan 3
W S X

Jari Tengah                     :

Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat

=
=
=
=

4
E D C

Jari Telunjuk                    :

Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat

=
=
=
=

5 dan 6
R dan T F dan G V dan B

Ibu Jari                            :

Baris Kelima

=

Alt kiri dan Spasi


Tangan kanan
Ibu Jari                            : Jari Telunjuk                    :



Baris Kelima

Baris Pertama



=

=



Alt kanan dan Spasi

7 dan 8

Baris Kedua
Baris Ketiga
Baris Keempat
=
=
=
Y dan U
H dan J N dan M

Jari Tengah                     :

Baris Kedua Baris Ketiga Baris Keempat

=
=
=

I K L

Jari Manis                        :

Baris Pertama Baris Kedua Baris Ketiga

=
=
=

9
O L








Baris Keempat
=
.
:
Baris Pertama
=
0, -, = dan



BackSpace

Baris Kedua
=
P, [ dan ]

Baris Ketiga
=
;, dan Enter

Baris Keempat
=
/ dan shift kanan

Baris Kelima
=
Windows, left click



dan ctrl kanan

 
Jari Kelingking










Modul ini menggunakan cara kedua dalam proses pengetikan 10 jari.



3.5   Latihan Dasar

Bagian ini merupakan latihan latihan dasar untuk mengetik 10 jari. Ikuti baik – baik langkah – langkah yang ada pada setiap latihan. Jangan berpindah ke latihan selanjutnya apabila latihan pertama belum dikuasai dengan baik.

3.5.1    Latihan penguasaan tombol pangkal

Garis pangkal ini adalah letak jari apabila kita meletakkan jari pada keyboard. Gerakan – gerakan jari harus segera kembali pada posisi garis pangkal.





Tangan kiri: A, S, D dan F                Tangan kanan:  J, K, L dan
;

Untuk melatih penggunaan tombol pangkal, ketiklah yang berikut masing masing 5 baris.

ff   ff   ff  ff   jj   jj  jj   jj  fj   fj   fj   jf  jf   ff   jj   fj   fj   jf   jf dd  dd  dd  kk  kk  kk  dk  dk  kd  dk  dd  kk  fk  jd  kj  jk  kj ss  ll  ss  ll  ss  ll  sl  ls  ls  ls  js fl  fl  dl  dl ld  js  lf  ld
aa  aa  ;;  ;;  aa  aa  ;; ;;  a;  a;  a;  aj  aj  aj  f;  ka  da  ja  f;

jaf  faj  dak  kad  jad  dal  lad sad  sak  kas  dak  kal  jak  lak






daka  kada  lasa  sala  fasa  asaf asal  sadal  akal  adas  jala jasa  lasak  falak  salak  jalak fasal  jasad  kadal  kakak  jajal jakad  sakal  kadas  kasad  kasal  kas dadak sadak  saja  alas jaksa  ada  kala;  kakak  ada  dada;  jaksa  jajal  fasal  fasal


3.5.2    Latihan penguasaan tombol g

Tombol g diketik dengan jari telunjuk kiri ke arah kanan. Renggangkanlah jari telunjuk, sedangkan jari kelingking tetap pada tempatnya.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris

fg  fg  gf  jg gj dg  kg  kg  sg  lg ag  jg  lg  ag  jg  lg  sg  dg  gd gaf  gad  gal  gas  gaj  gagak  gagad  jagad  gagal  lagak  galak gaja  jaga  gasak  gadak  gasal  gajak  gagak  gafa  gagal  gafa galak  jagad  gagal  gagak  sagak  lagak  gafal  gafaj  lafas  gas ada  gagak  galak;  galak  gagak ada  saja;  saja  gagak  fasal

3.5.3    Latihan penguasaan tombol h

Tombol h diketik dengan jari telunjuk tangan kanan ke arah kiri. Renggangkanlah jari telunjuk, sedangkan jari kelingking tetap pada tempatnya.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

jh  jh  hj  fh  hf  hk  kh hd  ha  hl  sh  ah  ha  hl  hs

jah  fah  gah  dah  sah  lah  hal has  hak  hah  hag  fah  dah hajag  gadah  halal  hagal  lafah  halal  kalah  lajah  sadah hafal  hafas  hajag  jadah  asah gajah  jaha  jasad  gajah  akal lafal  gajah  salah  jagad;  kadal salah  gajah;  kasa  jaksa


3.5.4    Latihan penguasaan tombol e

Tombol e diketik dengan jari tengah tangan kiri ke sebelah atas. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.






de  de  de  ed  ed  ed  ke  ek  fe  je  fe  ge  se  le  ke  se  dek dede  keke  dekdek  kedked  dedak  ledas  sedak  dedes  ledas kekal  sedah  lekah  gede  jedah  lelah  gedek  saleh  hehe


3.5.5    Latihan penguasaan tombol i

Tombol i diketik dengan jari tengah kanan ke sebelah atas. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

ki  ki  ki  ik  ik  ik  di di fi  fi   ji   ji   li   si   is   di   ki   di   di

ki  didi  dedi  keki  sili  lisi siki  didik  dedik  didih  dedi  keki lili  leli  sisi  lidi  asih  gigi gigih  jika  alih  kaki  daki  jikil didik  didi  lihai  sedih  siji  gili  gila  hilaf  fisik  sedih  lihai

3.5.6    Latihan penguasaan tombol r

Tombol r diketik dengan jari telunjuk kiri rapat ke atas. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

fr   fr   fr  rf  rf  rf  jr  jr   rj   r gr   gr   rg   r rh   kr   dr   sr

fir   fer   ker   lir   sir  ser   ler   air   lari   kari  kiri   dari  kiri   rid raki  rika  geri  heri jeri  feri  seri  lira  sari  deras  jari  deras
era  eri  geri  risa  riri  kera  dera liar  riak  rial  rias  rere  eri



3.5.7    Latihan penguasaan tombol u

Tombol u diketik dengan jari telunjuk kanan ke atas. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

ju  ju   ju  uj   uj  uj  fu  fu  uf  gu ug  hu  uh   du   lu   ul   sul juju  fuju  guju  huju  kuku  duduk  susu  lusu  suku  ujuk  juri ujud  sujud  kuah  sauh  guruh  deru  jeruk  deruh  ragu  sagu deru  saku  laku  kaku  siku  rusak  luas  kura  lagu  salju  gusi






3.5.8    Latihan penguasaan tombol m

Tombol m diketik dari jari telunjuk kanan rapat ke sebelah bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

jm  jm jm mj mj  mj  fm  mf  dm  md  km mk  ms  im  sm  am mia  mie  mis  mid mif  mud  mur  muak  muka  rame  rumah jama  jamu jemu  mimis  mila  mimic  demi  semir  mile  limau ramah  samak  lemak mika, gama  jamak  maka  mamuk


3.5.9    Latihan penguasaan tombol v

Tombol v diketik dengan jari telunjuk kiri ke bawah. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

fv fv  fv vf vf vf  hv  vh  fv  fv  iv vi  dv  vd   vk  kv   vl

vur  vir  val  vak  vaf  vakir  vas vava  vasir  luv  vul  vuvur  viva vuvu  vulva  vis  vulva  vikda  vules  veksi  viksa  vulva  veve gavur  haver  juvel  livak  kurva  larva  serva  vivi  vasu  suva


3.5.10  Latihan penguasaan tombol n

Tombol n diketik dengan jari telunjuk kanan direnggangkan ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

jn jn  jn nj nj nj  jan nam  jin   jen   nevl   neni   nina   nini nana  makan  nian  deni  senian  anin  nian  mian  nisah  ninah gung  gunung  junan  fanni  nisan  hiasan  human  nunuk  nava niur  sana  sini  mina  vandal  mannen  nama  nenek  nanu  niru


3.5.11  Latihan penguasaan tombol b






Tombol b diketik dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

fb  fb  fb  bf  bf bf  jb  bj  bk  bal  lab  bas  buk  bek  bikin

bubuk  baba  babi  bibi  bebek  lubuk  kubu  bubur  dubur  bulu baris  bala  baker  badu  babi  basi  bari  bisul  beruk  babak bani  bakmi  bendi  badak  barak  benak  bivak  beruk  busuk

3.5.12  Latihan penguasaan tombol c

Tombol c diketik dengan jari tangan tengah kiri ke sebelah bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

dc   dc   dc   ce   cd  c kc   ck   jc   ic   cl   ch   gc   cg   cd cece  cuka  ceki  cucu caca  cici  cari  cicil  curi  ceri  carilah cadu  cuad  cecis  nacis  leces  lecet  licu  macu  baca  ceceb

3.5.13  Latihan penguasaan tombol koma

Tombol koma diketik dengan jari tengah kanan ke sebelah bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

cucu nenek,  anak ibu,  adik kakek, lurah,  cucu,  nenek,  ibu, anak,  adik,  sama,  jani,  gajah, macan,  rusa,  camar,  kejam,

3.5.14  Latihan penguasaan tombol t

Tombol t diketik dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke sebelah atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

ft   ft   ft  tf   tf   tf   ft   tf   lt   tl   st   nt   m tm   tn   ts   st   tm

fit   tek   tak   tu tika   teri   tiku   timun   teriak   tarik   titi   tek taci   tecu    tacu  taji    tareh   atgi   timun    tinggi   titing    tuti






seriti  sarut  tuan  tutu  tajah  ganti  setuju  catu  sarut  tuka



3.5.15  Latihan penguasaan tombol y

Tombol y diketik dengan jari telunjuk kanan direnggangkan ke sebelah atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

jy jy  yj yj  hy yh fy  yf  yt  yt  ty uy  yu  yhj  yhy  juy  kuy yeni  yuyu  yareh  yety  jaya raya  saya  daya  kayu  layu
yati  gayu  hayu  masayu  dayan citayan  cilamaya  sayur  yari



3.5.16  Latihan penguasaan tombol o

Tombol o diketik dengan jari manis kanan ke atas. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

lo  lo  lo  so  so  ko  ok  do  fo jo  ho  so  lo  co  to  vo  lo

lolo  sono  olo  solo  kodok  rokok  totok  golok  holo  alo  elok olok  ojak  okumeno  bodoh  jorok  gado  cocok  odek  reok otak  olah  solo  Volvo  oyak  yoyo  yono  tono  otak  olah  solo


3.5.17  Latihan penguasaan tombol w

Tombol w diketik dengan jari manis kiri ke atas. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

sw  sw  sw  ws  ws  lw  lws sws  lws  cow  woll  loww  soww woll  wall  which  saw  was  who  which  what  who  cow  wall

wolf  waht  which  saw  was twi  two  town  khow  down jewells  giwang  hawa  mawas sawa  ketawa  sawo  mawar


3.5.18  Latihan penguasaan tombol titik

Tombol titik diketik dengan jari manis kanan ke bawah.






Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

ll.   s.   ol.   sw.   ll.  ss sws.   lolo.   so los.   kaos.   lolos. hari ini cocok untuk ia bermain.  sedang kemarin ia tidak tidur hari ini untuk bermain.  sedang kemarin ia tidak cocok saja. yathy sakit hari ini.  sebab itu ia tidak masuk sekolah hari ini.


3.5.19  Latihan penguasaan tombol shift kiri dan kanan

Apabila jari tangan kanan mengetik, maka tombol shift kiri yang ditekan, sedangkan apabila jari tangan kiri yang mengetik, maka tombol shift kanan yang ditekan.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

Juni,   Korma,   Lerry,  Itik,   Musa,   Harry,   Unu,   Noyo,   Juni, Ferry,  Gajah,  Dick,  Sulaiman, Agustus,  Gurry,  Bakar,  Dock,

3.5.20  Latihan penguasaan tombol p

Tombol p diketik dengan jari kelingking kanan ke atas. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

pp  ap   sp   dp   fp   lp   kp  gp tp  cp  up  m ap  wp   pp   ap apa  papa  panam  palu  paku  pasar  patal  pagar  pagi  papa papan  gapur  cipa  yapa  peri  pakta  pastor  pondok  pantun japan  gapur  cipa  yapa  copot bapak  pispot  wingpt  panu Padi  menguning,  pastor  membaca,  Phospor  bahan  kimia

3.5.21  Latihan penguasaan tombol x

Tombol x diketik dengan jari manis kiri ke bawah. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

sx   sx   sx   x x x lx   x d x fx   kx   x wx   x kx max  nes  lex  dex  telex  xenon  ex  donex  maxy  sexy  xeres






exec  laxi  maxi  taxi  rotax  xixi xuci  telex  six  taxi  laxi  cixi



3.5.22  Latihan penguasaan tombol q

Tombol q diketik dengan jari kelingking kiri ke atas. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

aq   aq   aq   qa   qa   jq  qj   kq   qk   bq  qv   cq   x tq   rq quin  qoqo  qaqa  Qantas  qanqan  qimpu  quker  quares  qoqo Conqueror makan Quakeer,  Queen dinobatkan pada hari ini.


3.5.23  Latihan penguasaan tombol z

Tombol z diketik dengan jari kelingking kiri ke bawah. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

az  az  az za  za  za zz  za  az kz  dz  zd  iz  wz  qz  zq  iz

taz  zat  zar  zul  zone zigzag zamzam  zone  zitzit  zaszas  zat

Ijazah,  Zone,  Zigzag,  Zamzam,  Zulkarnaen,  Zulham,  Zone.


3.5.24  Latihan penguasaan angka – angka

Pengetikan angka – angka ini perlu mendapat perhatian yang serius karena tata letak tombol yang agak sukar.

Angka 1        : dengan jari kelingking kiri ke atas Angka 2        : dengan jari manis kiri ke atas Angka 3        : dengan jari tengah kiri ke atas Angka 4        : dengan jari telunjuk kiri ke atas Angka 5        : dengan jari telunjuk kiri ke atas Angka 6        : dengan jari telunjuk kanan ke atas Angka 7        : dengan jari telunjuk kanan ke atas Angka 8        : dengan jari tengah kanan ke atas Angka 9        : dengan jari manis kanan ke atas
Angka 0        : dengan jari kelingking kanan ke atas

Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.






a1  a1  a1  1a  1a  1a  q1z  s1s  a1 a1  z1  1z  11  a1  11  s1

Saya perlu telor 11 butir untuk 1 minggu.

S2  S2  w2  x2  12  c2  s2  w2 12  s2  w2  12  k2 d2  f2  s2  12 d3  d3  e3  e3  d3  de3  dc3  cd3 ce3  ce3  kd3  fr3  gr3  de3
Ayah mempunyai cucu sebanyak 3 orang.

y4   y4   y4   4y  rr4   f4b   f4m   4fm   4ry   y4r   y4   c4

f5   f5   5f   5f   5f  f5v   f5g   5g5   55ff  5f   f4g   gg4   5f5   f5

Rokok 55 express buatan London.

j6 j6j  y6y j6m j6u   6j6   6u6   6un   h6y  y6y   6yh   6yn   6ym j6  j6j  j6u  6j6  6u6  6um  h6y  y6y  6yh  6yn  6ym  6ym  6y6
Dalam tahun tertentu banyaknya hari 366 hari.

J7  j7j   ju7   jm7   yu7   7un   ju7   u7 j7j   7j7   j7j   7uj   7uj

Satu minggu banyaknya 7 hari, Jam Titus 77 batu.

k8   k8k   8k8   ki8   dk8   8ki  88k   8d8   8dk   d8i   dk8   88i

l9  l9l  99  lo9   sl9   sl9   l9l   99s  oo9   ll9   9l9   o9o   ao9   9ol

1a   10   100   010   1p   p1   p0  001   0p1   101   000   0p   p1



3.5.25  Latihan penguasaan tanda – tanda baca

Untuk tanda tanda baca yang letaknya terdapat di sebelah atas angka – angka, diketik dengan menekan tombol shift kiri atau  kanan  dan  selanjutnya  menekan  tombol  angka  yang sesuai.
Untuk  tanda   tanda  baca  yang  terletak  di  sebelah  kanan, diketik dengan menggunakan jari kelingking kanan.
Tanda kurang dapat digunakan juga sebagai garis pemisah. Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

PT. “SRIWIJAWA LINES” Jalan Andalas 5, Jambi.

5% dari 10.000 kg = 500 kg

L = Pound Sterling adalah mata uang Inggris.

$ = Dollar adalah mata uang USA.






(Dr.Ir.Gatot Hari Priowirjanto); Direktur Dikmenjur Depdiknas

Jakarta



3.5.26  Latihan mengetik cepat

Ketiklah kalimat kalimat di bawah ini dalam waktu 5 menit
(100 hentakan per – menit).

mantu kemu manuk maman mimic merah majang molor mantu nina nunung ninna nuri nori kami kenan kemari kenduri norma badu makan nasi tiap hari dan adiknya baru besuk orang sakit bandi selalu pergi ke pasar malam tiap hari membawa ban sepeda cocok cucu cetil coba cabing ascaris cari cerita cicak cela cebe lombok cantik xermon texas taxi maxi express volavo vulva vandel vivere veri coloso vasco dagama azan wazir bravo the quick bravo zarah azam azar vas bunga layu lemah gemulai tenang tidur siang

3.6   Tugas kegiatan belajar 2

1.      Tuliskan alasan mengapa Anda memilih program keahlian pada SMK  yang  saat  ini  Anda  geluti.  Tulis  esai  tersebut  dengan mengetik pada komputer Anda menggunakan metode 10 jari. Panjang tulisan antara 900 sampai 1000 karakter. Kerjakan dalam waktu maksimal 10 menit.

2.                                                                    Ceritakan   makna   gambar   di   samping dengan  gaya  bahasa  dan  nalar  Anda sendiri.
Tuliskan pada komputer dengan metode mengetik 10 jari, jumlah karakter 500 -
600 dan waktu kurang dari 5 menit.








3.7  Tes formatif kegiatan belajar 2

Selesaikan soal praktek yang ada pada bagian 1 (pendahuluan)





DAFTAR PUSTAKA






M. Situmeang, Drs,  Pelajaran Mengetik 10 Jari, Karya Utama, Jakarta, Indonesia, 1999.




Khalid Mustafa, Langkah Mudah Merakit & Membangun Jaringan Komputer, Coraq Press, Makassar, Sulawesi Selatan, 2004.





Load disqus comments

0 comments